Gempa Bumi Magnitudo 3.0 Guncang Wani Donggala, Tidak Berpotensi Sunami

KABARBUOL.COM – Gempa bumi tektonik berkekuatan magnitudo 3.0 mengguncang Wilayah Wani, Kabupaten Donggala , Propinsi Sulawesi Tengah terjadi sekitar pukul 22.22 WITA, Kamis (17 /12 2020).

Melalui keterangan resminya, Kepala Stasiun Geofisika Palu, Cahyo Nugroho, SE, S.Si menyampaikan, hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempabumi ini berkekuatan magnitudo 3.0. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 0.67 LS – 119.85 BT atau tepatnya berlokasi di darat, Wani, Kabupaten Donggala, Propinsi Sulawesi Tengah pada kedalaman 9 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempabumi ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal setempat.

“Berdasarkan laporan masyarakat, gempabumi ini dirasakan II-III MMI di Sindue dan Wani. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami,” ujarnya.

Olehnya, Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya dan terus mengikuti informasi BMKG.

“Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi Instagram, Twitter infoBMKG, website www.bmkg.go.id, atau melalui Mobile Apps iOS dan Android @infobmkg,”tegasnya.(*)/Ajir