Pengampu adat Buol Hj. Maryam G. Mailili Terpilih Sebagai Penerima AKI Kategori Pelestari

KABARBUOL.COM – Pengampu adat Buol, Hj. Maryam G. Mailili terpilih sebagai penerima Anugerah Kebudayaan Indonesia (AKI) tahun 2020 untuk kategori pelestari dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia.

Bupati Buol, H. Amirudin Rauf diwakili Wakil Bupati Buol H. Abdullah Batalipu, didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Buol, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu, bersama Tim Direktorat Pembinaan Kebudayaan Kota Palu serta Tim Penilai Anugerah Kebudayaan Indonesia melaksanakan Kegiatan Penyerahan Anugerah Kebudayaan Indonesia pada Penerima AKI Kategori Pelestari  Hj. Maryam G. Mailili sekaligus membuka Acara AKI, bertempat di Milenium Waterpark Kota Palu, Jumat (18/12/2020).

Wakil Bupati Buol, H. Abdullah Batalipu berharap Hj. Maryam dapat menurunkankan semangat kerja kerasnya kepada generasi muda untuk melestarikan kebudayaan secara terus-menerus.

“Ini adalah salah satu anugerah yang terbaik yang di dapat Kabupaten Buol dan berharap kepada seluruh pelaku Budaya di Kabupaten Buol untuk melanjutkan apa yang telah diberikan Ibu Maryam Kepada Kabupaten Buol,” harapnya.

Sebelumnya, pada tanggal 28 November 2020  Hj. Maryam juga sempat bertemu Bupati Buol di Ruang Kerjanya. Bupati Buol dalam pertemuan tersebut menyampaikan ucapan selamat kepada Hj. Maryam atas usahanya selama ini yang telah berjuang untuk melestarikan adat Buol.

“Budaya bukan saja sesuatu yang kuno dan tradisional. Budaya itu hidup dan terus berkembang,” pesan Bupati Buol.

Perlu diketahui, sebanyak 150 pendaftar pada Anugerah Kebudayaan Indonesia (AKI) di tahun ini, hanya 8 pendaftar yang terpilih termasuk Hj. Maryam G. Mailili masuk kategori pelestari.

Hal ini dikarenakan, Hj. Maryam G. Mailili usahanya yang berbeda apalagi unitnya, serta semangatnya yang selalu berupaya melestarikan Budaya Buol.(*)

Sumber : Bagian Protokol dan Komunikasi Sekretariat Daerah Kabupaten Buol.