Bawaslu Palu Ajak Masyarakat Awasi Pemilu di 2024

Bawaslu Kota Palu saat melakukan sosialisasi partisipasi Pemilu 2024. Foto : KS

PALU – Demi menjaga integritas pemilu, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Ivan Yudharta mengajak masyarakat Kota Palu untuk bersama-sama mengawal proses pemilu 2024. Hal ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017.

“Kami mengajak warga untuk mengikuti pengawasan dan ikut serta dalam pemilihan umum,” ujarnya saat pemaparan materi sosialisasi ujian partisipatif di Resto Kampung Nelayan, Senin 15 Agustus 2022.

Untuk itu, Bawaslu Kota Palu akan banyak melakukan MOU dengan berbagai pemangku kepentingan dari ormas, organisasi kemahasiswaan, pemuda dan beberapa organisasi awak media.

Dia katakan, Konsekuensi dari tidak adanya pengawasan dalam pemilu akan mengarah pada money politik atau yang biasa disebut serangan fajar, pemilu akan keluar dari aturan dan akan menimbulkan gugatan hasil.

Baca juga: Konsultan Pengawas CV SS Tersangka Korupsi Pembangunan Stadion Banggai Laut, Ditahan Kejati Sulteng

Selain itu, hal ini juga menyebabkan hilangnya hak pilih, kecurangan pemilu dan pemilu suara baru.

“Melaksanakan Pilkada 2024 penuh dengan kerumitan, kenapa karena bertepatan dengan pemilihan kepala daerah tahun 2023,” jelasnya.

Sehingga, pihaknya juga akan mengawasi nama-nama Anggota yang masuk dalam partai. Baik dari adminstrasi, keabsahan, sampai mengecek langsung orang yang didaftarkan.

“Contoh ya dulu di ada salah satu anggota Bawaslu Bangkep namanya itu ada di partai yang tersebar di lima Kabupaten, untuk itu kita akan tegas kedepannya menanyakan apakah yang bersangkutan tahu namanya dimasukan dalam partai, kan kalau dia keberatan namanya dicantumkan akan jadi masalah,” ungkapnya.

Ivan juga memberikan solusi peran masyarakat saat mengawasi pemilu, diantaranya memberi informasi awal, mencegah pelanggaran, mengawasi dan memantau, dan melaporkan jika terjadi pelanggaran.

Disela-sela materi, Ivan melakukan MoU dengan delapan organisasi awal. Serta pada saat itu juga bertepatan dengan HUT Bawaslu ke- 4 Se Indonesia.

Ikuti kami di Instagram Kabar Sulteng: Instagram