Perhatikan Kejahatan Skimming di Mesin ATM, Ini Ciri-cirinya

Perhatikan Kejahatan Skimming di Mesin ATM, Ini Ciri-cirinya
Ilustrasi Mesin ATM. (Foto: Pexels/Monstera)

KABAR SULTENG,  – Kejahatan Skimming atau pencurian data di Anjungan Tunai Mandiri (ATM) sangat marak terjadi.

Bagi kalian yang ingin menarik uang atau melakukan transaksi lain lewat mesin ATM sebaiknya selalu waspada dan berhati-hati.

Baca juga: Intip Deretan HP Terbaru 2023

Yuk simak ciri-ciri mesin ATM berpotensi kejahatan kejahatan Skimming atau pencurian data sebelum memasukkan kartu di mesin ATM.

Pakar keamanan siber dan pendiri Ethical Hacker Indonesia, Teguh Aprianto, menerangkan, mesin ATM yang berada pada tempat yang sepi, seperti di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), menjadi sasaran dari para penjahat.

“Mesin ATM yang selama ini paling rawan skimming itu, biasanya yang di tempat sepi dan juga SPBU, jadi ketika melakukan transaksi menggunakan kartu di lokasi tersebut, sebaiknya hati-hati,” tulis Teguh melalui akun Twitter pribadinya, dikutip pada Selasa 17 Januari 2023.

Dengan begitu, masyarakat yang ingin mengambil uang di mesin ATM dengan ciri di atas, harus waspada jika tidak mau tabungannya digasak penjahat siber.

Teguh menjelaskan, cara kerja mesin ATM yang sudah ditempeli skimmer atau perangkat, bisa menyalin angka Personal Identification Number (PIN).

“Skimmer biasanya ada di bagian mulut tempat nasabah memasukkan kartu,” jelasnya.

Menurutnya, ada sebuah alat yang dipasang untuk merekam data kartu dari nasabah. Kemudian, di bagian atas penutup tombol, ditaruh kamera untuk menangkap kombinasi PIN pada kartu ATM.

“Cara kerja skimming itu di bagian mulut tempat masukkan kartu, dipasang sebuah alat untuk merekam data kartu kamu, lalu di atas penutup tombol ATM, diletakkan kamera untuk meng-capture pin ATM,” pungkasnya.***