Suguhkan Kopi Kalemago Napu, Sulawesi Tengah Juara 1 Ajang Barista Innovation Challenge 2022

Suguhkan Kopi Kalemago Napu, Sulawesi Tengah Juara 1 Ajang Barista Innovation Challenge 2022
Fildzah Djafar Perwakilan Sulawesi Tengah saat menyuguhkan Kopi Robusta Kalemago dari Napu dalam kompetisi “Barista Innovation Challenge (BIC) 2022”. (Foto: Pribadi)

Kabarsulteng.id, – Fildzah Djafar seketika terduduk dengan kedua tangan bersedekap menutupi wajah. Perasaan bangga dan haru yang bercampur jadi satu membuncah saat namanya diumumkan menjadi juara pertama dalam kompetisi “Barista Innovation Challenge (BIC) 2022”.

Fildzah Djafar Perwakilan dari Sulawesi Tengah yang berprofesi sebagai Chef di Kayana Restaurant dan satu-satunya finalis perempuan itu berhasil menyisihkan para barista terbaik,seperti Nizam Pasha Lolowang (asal Jakarta), Hafidz Rosyada (Bogor), Agung Bawono (Surabaya), dan Jonathan Kevin Julian (Yogyakarta) di babak grand final yang berlangsung di Gedung Sarinah, Jakarta, 28 Januari 2023.

Fildzah menang dengan perolehan skor 358,5. Terpaut cukup jauh dari peringkat kedua Jonathan Kevin Julian yang mengantongi skor 311,5.

Saat memasuki babak grand final, alumni Le Cordon Bleu Malaysia – salah satu kampus yang jadi incaran calon koki professional – itu menyuguhkan berbagai kreasi dan inovasi minuman dengan menggunakan Kopi Robusta Kalemago dari Napu, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah.

Alasan Fildzah memilih jenis kopi tersebut untuk memperkenalkan bahwa Sulteng punya komoditi kopi dengan cita rasa premium dan berkualitas bagus, Pasalnya Kopi Kalemago merupakan kopi fine robusta organik.

“Saya juga ingin mengubah image kopi robusta yang dianggap tidak cukup bagus untuk diracik dalam minuman kopi di coffeeshop. Agar penikmat kopi di kafe-kafe bisa menikmati rasa robusta yang sebenarnya juga sangat enak,” ujar Fildzah.

Kompetisi tahun ini mengusung tema “Sustainability Innovation Throughout Nations”. Oleh karena itu, Rasa Group selaku penyelenggara mendorong para peserta memanfaatkan bahan baku lokal untuk dikombinasikan dan diolah bersama kopi agar menjadi minuman signature di daerahnya masing-masing. Pun diharapkan mampu mengangkat kekayaan kopi khas Indonesia di kancah internasional.

Rangkaian kompetisi BIC 2022 telah berlangsung sejak Oktober 2022 yang diikuti oleh 124 barista dari 34 provinsi. Untuk tahun ini Rasa Group berkolaborasi dengan Espresso Academy di Firenze, Italia, salah satu sekolah barista dan kopi terbaik di dunia.

Kesempatan mengikuti kursus pendek barista dan mendapatkan sertifikasi internasional juga menjadi hadiah yang didapatkan Fildzah.

Seturut kemenangannya dalam ajang BIC 2022, Fildzah berharap para barista, penikmat, hingga pelaku usaha kopi bersama-sama belajar untuk bisa memajukan dunia usaha kuliner, khususnya kopi, agar makin berkualitas.***