Huntap Tahap 2B di Sigi Mulai Dibangun

Sebanyak 266 Huntap Tahap 2B di Sigi Mulai Dibangun
Ilustrasi Huntap yang dibangun Kementerian PUPR di Sulawesi Tengah. (Dok PUPR)

Sigi, kabarsulteng.id – Sebanyak 266 unit hunian tetap (Huntap) tahap 2B di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, bagi korban gempa dan likuefaksi tahun 2018 silam mulai dibangun Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Sulawesi II.

Pembuat Komitmen (PPK) Hunitan Tetap (Huntap) BP2P Sulawesi II, Zulfahmi menerangkan, pembangunan 266 unit huntap tahap 2B di Kabupaten Sigi tersebar di Desa Desa Bangga tepatnya di Dusun II 146 unit dan Sibalaya Selatan 120 unit.

“Saat ini masih dalam tahap proses pembangunan, Kontraktor yang mengerjakan 266 huntap di Sigi ini adalah kontraktor PT Adhi Karya, yang,” kata Zulfahmi, di kutip dari Antara, Senin, 20 Februari 2023.

Zulfahmi menerangkan, pembangunan hunian tetap untuk warga di dua desa di Sigi merupakan rangkaian kegiatan rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana alam yang menimpa sejumlah wilayah di Sulteng pada tahun 2018 lalu.

Hal itu, kata Zulfahmi, merujuk pada Inpres Nomor 8 tahun 2022 tentang Penuntasan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pascabencana Gempa Bumi, Tsunami dan Likuefaksi di Sulteng.

“Inpres tersebut merupakan perpanjangan dari Inpres nomor 8 tahun 2018 yang masa berlakunya berakhir pada Desember 2020,” terangnya.

Sementara itu, Bupati Sigi Mohamad Irwan menuturkan sangat mengapresiasi BP2P Sulawesi II yang mulai membangun 266 huntap permanen karena sangat membantu percepatan pemulihan masyarakat yang kehilangan tempat tinggal karena terdampak gempa dan likuefaksi 2018 lalu.

“Masih banyak warga terdampak gempa dan likuefaksi 2018 yang membutuhkan hunian tetap. Utamanya yaitu mereka yang tinggal di hunian sementara,” ujar Irwan.

Demikian, kata Irwan, dengan adanya pembangunan huntap kepada warga ini sangat membantu pemerintah daerah dalam hal pemenuhan hak dasar masyarakat atas hunian, selain sebagai percepatan pemulihan dampak bencana 2018.***