Keren, Sekolah ini Ubah Bungkusan Buah Jadi Gaun Cantik

Sekolah Dasar Inpres Prumnas mendaur ulang plastik buah pir dan apel menjadi Busana yang cantik. Foto: Angel/kabarsulteng.id
Sekolah Dasar Inpres Prumnas mendaur ulang plastik buah pir dan apel menjadi Busana yang cantik. Foto: Angel/kabarsulteng.id

Palu, kabarsulteng.id – Ide kreatif bisa lahir dari mana saja. Seperti dari Sekolah Dasar (Sd) Inpres Perumnas Kota Palu yang membuat karya busana indah dari limbah bungkus buah-buahan.

Kepala sekolah SD Inpres perumnas Siti Utari mengatakan, semua hasil karya dari limbah bungkusan buah apel dan pir itu hasil kolaborasi dari siswa, guru, dan orang tua murid.

“Waktu pembuatan karya seni busana keswal ini hanya 3 hari 3 malam saja,” katanya saat di temui kabarsulteng.id, Kamis 5 Mei 2023.

Siti Utari menuturkan, rancangan busana tersebut terispirasi dari program sekolah yang membiasakan para siswa-siswi untuk mengkomsumsi buah setiap hari sabtu.

Kemudian tersirar ide memanfaatkan sisa limbah bungkusan buah menjadi karya seni.

Karya-karya dari limbah plastik buah tersebut diubah menjadi beberapa barang seperti busana pria dan wanita, Sepatu, Topi, Keranjang Buah. Semua karya ini di sinyalir tahan air.

Siti juga menambahkan, busana tersebut sudah sempat mengikuti lombah fashion show yang diadakan oleh Dinas Lingkugan Hidup Kota Palu.

“Kita sudah mendapatkan juara satu lomba fashion show dengan mengunakan busana dari plastik buah ini,” tambahnya.

Nantinya semua karya hasil limbah buah ini akan diperjual belikan oleh SD Inpres Pe

rumnas. (Angel)