Polda dan KPU Sulteng Jalin Kerjasama Pengamanan Pemilu 2024

Polda Sulteng dan KPU Sulteng jalin kerjasama dalam pengamanan pemilu 2024. Foto: istimewa
Polda Sulteng dan KPU Sulteng jalin kerjasama dalam pengamanan pemilu 2024. Foto: istimewa

Palu, kabarsulteng.id – Polda Sulteng bersama KPU Sulteng melakukan penandatanganan kerja sama untuk memastikan keamanan pelaksanaan pesta demokrasi Pemilu 2024 di daerah tersebut.

Penandatangan kerjasama itu digelar di Rupatama Polda Sulteng, Jalan Soekarno Hatta, Kelurahan Tondo, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu, Senin 15 Mei 2023.

Hadir dalam penandatangan Perjanjian Kerjasama, Kapolda Sulteng Irjen Pol Agus Nugroho dan Ketua KPU Provinsi Sulteng Misbah, Wakapolda Sulteng, Komisioner KPU Sulteng, Sekretaris KPU dan pejabat utama Polda Sulteng.

Baca juga: Oknum Anggota Polda Sulteng Terima Suap Rp.4,4 M Dari Casis

Kapolda Sulteng Irjen Pol Agus Nugroho mengatakan, pihaknya siap mendukung dan turut serta untuk melakukan pengamanan selama proses pesta demokrasi pemilu dan pemilihan kepala daerah 2024 berlangsung.

Selain itu, maksud dan tujuan dari perjanjian kerjasama ini kata Irjen Pol Agus Nugroho ialah sebagai pedoman dalam mewujudkan sinergisitas sekaligus meningkatkan pelaksanaan tugas dan fungsi dalam penyelenggaraan pemilihan umum dan pemilihan serentak tahun 2024 di Provinsi Sulawesi Tengah.

Sehingga seluruh tahapan Pemilu 2024 dapat berlangsung dengan aman, tertib dan lancar.

Baca juga: Kapolda Sulteng Ingatkan Anggotanya Tidak Terlibat Politik Praktis

“Pemilu serentak tahun 2024 merupakan pesta demokrasi rakyat Indonesia yang dapat dikatakan sebagai pesta demokrasi yang terbesar selama penyelenggaraan pemilu yang pernah dilaksanakan,” kata Irjen Pol Agus Nugroho.

Irjen Pol Agus Nugroho sangat mengapresiasi dan terima kasih kepada KPU Sulteng atas kerja sama yang baik untuk mensukseskan tahapan Pemilu 2024.

Melalui kerja sama ini menjadi bukti bahwa eratnya hubungan Polda Sulteng dengan KPU Sulteng dalam menjaga setiap tahapan Pemilu 2024.

Baca juga: Tersisa 3 Hari, KPU Sulteng Baru Terima 2 Parpol yang Daftarkan Calegnya

“Sehingga memiliki nilai strategis yang sangat tinggi, namun juga memiliki ancaman yang perlu diantisipasi sejak dini melalui persiapan yang matang guna mewujudkan pelaksanaan pemilu yang aman, damai dan tertib,” bebernya.

Senada dengan itu, Ketua KPU Provinsi Sulteng Misbah mengungkapkan, perjanjian kerjasama ini lebih kepada bagaimana meningkatkan tugas dan fungsi serta tanggung jawab kepada masing-masing lembaga.

Baca juga: Partai Garuda Resmi Tidak Terdaftar di KPU Sulteng

“Ini saya kira sudah diperkuat, diskresi, ditegaskan secara rinci. Mou antara Kepolisian Negara Republik Indonesia dan KPU Republik Indonesia, tentunya hal ini sudah diperjelas atau diuraikan secara sistematis sesuai dengan kepentingan kita di Provinsi Sulawesi Tengah,” ujarnya

Misbah mengharapkan, dengan pelaksanaan penandatanganan Perjanjian Kerjasama ini akan terselenggara Pemilihan Umum tahun 2024 yang aman dan berintegritas di Provinsi Sulawesi Tengah.