Angka Kematian Ibu Hamil di Kota Palu Meningkat di Tahun 2023

Wakil Wali Kota Palu Reny A Lamadjido saat menghadiri kegiatan bakti sosial Ikatan Bidan Indonesia. Foto: istimewa
Wakil Wali Kota Palu Reny A Lamadjido saat menghadiri kegiatan bakti sosial Ikatan Bidan Indonesia. Foto: istimewa

Palu, kabarsulteng.id – Wakil Wali Kota Palu Reny A Lamadjido mengungkapkan, jika kematian pada ibu hamil tahun 2023 terjadi 3 kasus.

Meskipun pada tahun 2022, Kota Palu sempat mengalami nol kasus kematian pada ibu hamil.

Baca juga: Kota Palu Raih Gelar Kota Terbaik Kedua Anugerah PPD Se-indonesia

“Tahun ini sudah ada tiga angka kematian ibu, dan itu tidak mungkin lagi kita mencapai AKI Nol. Karena sudah ada tiga, jadi kita sudah antisipasi agar tidak ada lagi kematian ibu,” ujar Reny A Lamadjido saat menghadiri kegiatan Bakti Sosial bersama Ikatan Bidan Indonesia (IBI) di Posyandu IBI Jabal Nur, Kelurahan Talise Valangguni, Kota Palu, Jumat 19 Mei 2023.

Lanjut Reny A Lamadjido, untuk tahun 2023 ini, AKI Nol tersebut tidak bisa lagi diraih, karena sudah ada tiga angka kematian ibu.

Beliau mengungkapkan, hal tersebut penting untuk diketahui khususnya bagi kepala daerah, supaya penyebab kematian itu harus diketahui lebih jelas.

Baca juga: Reny A Lamadjido Hibur Anak Lagi Disunat, Ketegangan Langsung Hilang

Selain itu, beliau juga memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada para bidan yang tergabung di IBI, yang hari ini melaksanakan bakti sosial berupa pemeriksaan kesehatan kepada ibu hamil.

Kegiatan berupa pemeriksaan kesehatan bagi ibu hamil secara gratis dan lainnya tersebut digelar dalam rangka HUT ke-72 IBI Tahun 2023.

“Saya juga mengapresiasi untuk bidan di Kota Palu, Alhamdulillah pada tahun 2022 kemarin, angka kematian ibu di Kota Palu itu nol atau AKI Nol. Itu susah kita dapat,” ungkap Beliau.

Baca juga: Reny A Lamadjido Buka Pengawu Fest dan Lebaran Kalopa di Tatanga

Reny A Lamadjido juga menyampaikan selamat ulang tahun ke-72 kepada IBI yang jatuh pada tanggal 24 Juni 2023 mendatang.

Beliau juga menyampaikan salam hangat dari Wali Kota Palu Hadianto Rasyid yang sedianya akan hadir, namun masih ada kegiatan di Kabupaten Banggai.

“Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada IBI, yang telah melaksanakan berbagai kegiatan untuk memperingati hari ulang tahunnya,” pesannya.