Pemkot Palu Gelar Upacara Peringatan Harkitnas di Halaman Kantor Wali Kota

Wakil Wali Kota Palu Reny A Lamadjido saat memimpin upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional. Foto: istimewa
Wakil Wali Kota Palu Reny A Lamadjido saat memimpin upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional. Foto: istimewa

Palu, kabarsulteng.id – Pemerintah Kota Palu menggelar upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) di halaman Kantor Wali Kota Palu, Jalan Balai Kota, Kelurahan Tanamodindi, Kecamatan Mantikulore, Senin 22 Mei 2023.

Upacara peringatan Hardiknas itu dipimpin langsung Wakil Wali Kota Palu Reny A Lamadjido.

Reny A Lamadjido dalam arahannya mengatakan, Harkitnas yang bertemakan ‘Semangat untuk Bangkit!’ tahun ini, hendaknya menjadi bentuk seruan agar jajaran pemerintah bisa bangkit bersama.

Baca juga: https://www.kabarsulteng.id/2023/05/19/reny-a-lamadjido-ajak-siswa-smp-1-palu-periksa-golongan-darah-sebut-banyak-manfaatnya/

Menurutnya, peringatan Harkitnas hendaknya tidak hanya dimaknai sebagai seremonial saja, olehnya perlu memahami esensi sejarah Kebangkitan Nasional.

“Presiden Soekarno menetapkan hari lahirnya Perkumpulan Boedi Oetomo sebagai hari bangkitnya nasionalisme Indonesia,” kata Reny A Lamadjido.

Di masa itu, lanjut Reny A Lamadjido, terdapat ancaman perpecahan antar golongan dan ideologi di tengah perjuangan Indonesia mempertahankan kemerdekaan dari Belanda yang ingin kembali berkuasa.

Baca juga: https://www.kabarsulteng.id/2023/05/19/hadiri-bakti-sosial-ibi-kota-palu-reny-a-lamadjido-ingatkan-ibu-hamil-tentang-bahaya-stunting/

Sehingga, semangat persatuan yang digagas oleh Boedi Oetomo diharapkan menjadi spirit dalam menghimpun kekuatan dan mencegah perpecahan bangsa.

Ia mengungkapkan, Budi Utomo adalah organisasi pertama di Indonesia yang bersifat nasional dan modern dalam sejarah pergerakan kemerdekaan.

Organisasi ini didirikan oleh dr. Sutomo beserta para mahasiswa STOVIA (School Tot Opleiding Van Indische Artsen) pada tahun 1908.

Baca juga: https://www.kabarsulteng.id/2023/05/13/reny-a-lamadjido-buka-pengawu-fest-dan-lebaran-kalopa-di-tatanga/

“Budi Utomo lahir untuk mengejar ketertinggalan bangsa Indonesia dari bangsa-bangsa lain,” ungkapnya.

Reny A Lamadjido menjelaskan, Budi Utomo telah meletakkan tiga cita-cita bagi kebangkitan nasional yakni memerdekakan cita-cita kemanusiaan, memajukan nusa dan bangsa, serta mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia.

Semangat Budi Utomo, lanjut Beliau masih relevan untuk dikontekstualisasikan dan diimplementasikan pada kehidupan berbangsa saat ini.

Baca juga: https://www.kabarsulteng.id/2023/05/13/reny-a-lamadjido-hibur-anak-lagi-disunat-ketegangan-langsung-hilang/

Sebagaimana mengutip ucapan Dr. Sutomo “Selama banteng-banteng Indonesia masih mempunyai darah merah yang dapat membikin secarik kain putih menjadi Merah dan Putih, selama itu kita tidak akan mau menyerah kepada siapa pun juga”.

“Spirit ini harus terus mengakar dan pembakar etos kerja kita dalam mewujudkan cita-cita bangsa dan daerah kita,” ujar Wakil Wali Kota.

Baca juga: Fun Run 5 Km, Ajang Pemanasan Jelang Palu Sport Event 2023

Reny A Lamadjido mengajak sebagai generasi penerus bangsa, harus melanjutkan semangat kebangkitan nasional itu.