Presiden Joko Widodo Menegaskan Stok Pangan Aman Hadapi El Nino

Presiden Joko Widodo Menegaskan Stok Pangan Aman Hadapi Fenomena El Nino
Presiden Jokowi saat meninjau Pasar Rakyat di Lapangan Rampal, Kota Malang, Jawa Timur, Senin (24/7/2023) sore. (Foto: Instagram/Jokowi

Kabarsulteng.id, – Presiden RI, Joko Widodo menegaskan bahwa stok pangan di Indonesia aman menghadapi fenomena alam El Nino. Hal ini diketahui setelah Jokowi melakukan pengecekan beberapa kebutuhan pangan di berbagai daerah di Tanah Air.

“Informasi dari Badan Urusan Logistik Kementerian Pertanian menunjukkan bahwa tidak ada masalah pasokan pangan untuk saat ini,” ungkap Presiden Jokowi saat melakukan tinjauan di Pasar Rakyat Lapangan Rampal, Kota Malang, Jawa Timur, pada Senin (24/7/2023) sore.

Baca juga: Tim Puslitbang Polri Lakukan Penelitian Indeks Pembangunan Kesehatan di Polda Sulteng

Lebih lanjut, Jokowi menjelaskan bahwa fenomena El Nino diprediksi akan terjadi pada bulan Agustus 2023, yang berpotensi mengganggu kesehatan dan menyebabkan gangguan pada stok pangan, termasuk beras, seperti yang dialami beberapa negara di dunia.

“Beberapa negara mengalami gangguan pasokan pangan akibat kejadian yang serupa. Sebagai contoh, di India terjadi penghentian ekspor beras, begitu juga di Vietnam,” ujarnya.

“Kita berharap agar kejadian serupa tidak terjadi di negara kita, oleh karena itu kita harus melakukan persiapan dengan baik,” tambahnya.

Dengan adanya penegasan dari Presiden Jokowi ini, diharapkan masyarakat dapat merasa lebih tenang menghadapi fenomena El Nino, namun tetap perlu mewaspadai dan melakukan persiapan yang tepat untuk menghadapi potensi gangguan pada stok pangan di masa yang akan datang.***

 

Sumber: PMJ News