KAHMI Diharap Dukung Sulteng Jadi Ketua Forum Kerjasama Selat Makassar

KAHMI Diharap Dukung Sulteng Jadi Ketua Forum Kerjasama Selat Makassar
Staf Ahli Gubernur Bidang Perekonomian, Pembangunan dan Pengembangan Wilayah Dr. Farid Rifai Yotolembah. Foto: Humas Pemprov Sulteng

PALU, KABAR SULTENG – Gubernur Rusdi Mastura melalui Staf Ahli Gubernur Bidang Perekonomian, Pembangunan dan Pengembangan Wilayah Dr. Farid Rifai Yotolembah berharap Majelis Wilayah Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (MW KAHMI) mendukung Sulteng menjadi ketua forum kerjasama antar provinsi-provinsi sepanjang Selat Makassar.

“Saya harap alumni mendukung Sulteng menjadi ketua forum kerjasama 6 provinsi di sepanjang Selat Makassar,” ujarnya pada acara pembukaan Muswil ke-VI MW KAHMI Sulteng di hotel Sutan Raja, Sabtu (14/10).

Bacaan Lainnya

Ia juga meminta dukungan alumni atas rencana Sulteng tuan rumah Selat Makassar Summit 2024.

Baca juga: Richard Diisukan Jadi Penjabat Bupati Parimo Karena Campur Tangan Bapaknya, Longki Djanggola Angkat Bicara

Selat Makasar kata staf ahli merupakan bagian dari Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II yang strategis dalam peta pelayaran internasional maupun tol laut nusantara.

Tercatat lebih kurang 36 ribu kapal melintasi Selat Makassar sepanjang tahun.

Selain itu, Selat Makasar menyimpan potensi Energi Baru Terbarukan (EBT) dan cadangan pangan yang melimpah.

“Tolong alumni-alumni HMI memperhitungkan potensi Selat Makassar yang strategis ini,” imbuhnya agar potensi maritimnya dapat dioptimalkan.

Pada bagian lain dari sambutan tertulis gubernur, Staf Ahli Farid meminta KAHMI dapat menjadi mentor terbaik dalam membimbing para junior mereka di HMI.

Ia yakin dengan bekal ilmu dan pengalaman para alumni yang sukses di bidang masing-masing akan dapat memompa semangat kader intelektual muda muslim dalam ber-HMI.

“Semoga muswil ini berjalan dengan aman dan lancar serta sesuai dengan koridor AD/ART organisasi,” pungkasnya.

Sementara Ketua Umum MW KAHMI Sulteng H. Andi Mulhanan Tombolotutu, menekankan 3 perspektif dalam pelaksanaan Muswil ke-VI.

Pertama melaporkan pertanggungjawaban pengurus, kedua menyusun program-program masa mendatang dan ketiga memilih ketua baru.

“Kalau tiga ini kita bicarakan artinya kita bertanggungjawab dalam menyusun program dan memilih (ketua) untuk periode ke depan,” jelasnya.

Muswil VI sesuai laporan penitia diikuti 52 peserta dari Majelis Daerah KAHMI di 13 kabupaten/kota se Sulteng.

Selain bermusyawarah, keluarga besar HMI akan mengikuti jalan sehat dimulai dari lokasi muswil menuju Kelurahan Petobo pada Minggu (15/10).

Muswil VI antara lain dihadiri Sekjen Majelis Nasional KAHMI Syamsul Komar, Wakil Walikota Palu dr. Reny A. Lamadjido, Ketua Majelis Wilayah Forum Alumni HMI Wati (FORHATI) Sulteng Dr. Ir. Rostiati Dg. Rahmatu, Kadis Pangan Sulteng Ir. Iskandar Nontji, Kadis Kominfo, Persandian dan Statistik Sulteng merangkap ketua panitia Sudaryano R. Lamangkona, dan Tenaga Ahli Gubernur Sulteng yakni Dr. Yunan Lampasio, dan Dr. Rahmad Arsyad.***

Pos terkait