Kaban Kesbangpol Minta Peserta Sosialisasi P4GN Sterilkan Lingkungan Dari Narkoba

Kaban Kesbangpol Minta Peserta Sosialisasi P4GN Sterilkan Lingkungan Dari Narkoba
Kegiatan sosialisasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika. (Foto: Humas Pemprov Sulteng)

PALU, KABAR SULTENG – Kepala Badan Kesbangpol Drs. Arfan, M.Si membuka Sosialisasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkoba (P4GN & PN), di hotel Santika, pada Senin, 6 November 2023.

Kegiatan diikuti ASN, ormas, akademisi, pelajar dan mahasiswa dengan narasumber Kepala BNN Provinsi Sulteng Brigjen Pol. H. Monang Situmorang.

Bacaan Lainnya

Nampak pula para Kaban Kesbangpol kabupaten kota se-Sulteng.

Dalam sambutannya, Kesbangpol Arfan meminta keterlibatan semua pihak secara menyeluruh dalam memerangi narkoba hingga ke akar-akarnya.

Ia juga berharap semoga penegakan hukum oleh aparat tidak tebang pilih dengan menjatuhkan hukuman maksimal supaya ada efek jera.

“Harapan saya, semoga peserta sekalian terketuk hatinya untuk mensterilkan lingkungan keluarga, sekolah dan ruang-ruang publik dari narkoba,” harapnya atas kegiatan sosialisasi P4GN.

Sementara Kepala BNNP Sulteng Brigjen Pol Monang Situmorang memaparkan bahwa tingkat prevalensi penyalah guna narkoba di daerah ini mencapai 2,80% dengan jumlah sebanyak 52.341 orang dan menduduki peringkat 4 secara nasional.

Olehnya kata Kepala BNNP Sulteng dibutuhkan upaya serius dalam memerangi narkoba agar jumlah penyalah guna di Sulteng dapat ditekan dan tidak menyentuh 150 ribu orang pada tahun 2028.

Diantaranya dengan implementasi Inpres Nomor 2 Tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional P4GN yang mengamanatkan tiap daerah sudah memiliki Rencana Aksi Daerah P4GN.

“Sehebat (dan) sekaya apapun kita kalau SDM tidak bagus pasti (daerah) kita tidak akan maju,” tegasnya memperingatkan***

 

Pos terkait