Ratusan Warga Sulteng Ikuti Shalat Istisqa, Bermunajat Meminta Hujan

Ratusan Warga Sulteng Ikuti Shalat Istisqa, Bermunajat Meminta Hujan
Habib Ali Bin Muhammad Al Jufri memimpin doa saat shalat Istisqa atau shalat minta hujan di halaman UIN Datokarama Palu, Kota Sulawesi Tengah, Selasa,( 7/11/2023). (Foto: Humas Pemprov Sulteng)

PALU, KABAR SULTENG – Ratusan warga ikuti pelaksanaan shalat Istisqa atau shalat minta hujan di halaman Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Kota Sulawesi Tengah, Selasa,( 7/11/2023).

Bertindak sebagai Imam Ketua Majelis Ulama Indonesia Sulawesi Tengah (MUI Sulteng) Habib Ali Bin Muhammad Al Jufri, sementara bertindak sebagai khatib Rektor UIN Datokarama Palu, Prof. Dr. H. Lukman S. Thahir, M.Ag.

Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas dilaksanakannya ibadah shalat Istisqa atau shalat minta hujan.

Baca juga:

Diharapkan kegiatan serupa juga dilaksanakan di seluruh kabupaten se-Sulawesi Tengah sebagai upaya pencegahan kemarau akibat El Nino.

Gubernur berharap kiranya Allah SWT berkenan menurunkan hujan yang membawa rahmat dan berkah, bukan hujan yang menyebabkan banjir.

“Berdasarkan data, Sulawesi Tengah masuk urutan ke-4 daerah yang kurang terdampak dari pengaruh El Nino, hal ini saya saksikan ketika naik pesawat, demikian pula yang disampaikan oleh Menteri Pertanian Amran Sulaiman bahwa Sulawesi Tengah merupakan daerah yang kurang mengalami efek El Nino, Insya Allah negeri kita dirahmati oleh Allah” ujar gubernur.

Sementara itu, Rektor UIN Datokarama Palu, Prof. Dr. H. Lukman S. Tahir, M.Ag selaku Khatib meminta kepada para jamaah agar senantiasa bermunajab dan meminta berkah agar hujan segera turun

Menurutnya, sudah terlalu lama manusia mengeksploitasi alam. “Sekarang waktunya melestarikan alam dan mengambil peran serta bertanggung jawab merawat alam,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakannya, telah tampak kerusakan di muka bumi dan dampak buruk dari perubahan iklim akibat efek rumah kaca. Untuk itu hendaklah manusia melakukan introspeksi diri dan berkomitmen untuk menjaga lingkungan.

“Istisqa adalah wasilah turunnya hujan, marilah kita bermunajat dengan hati yang khusuk. Ya Allah turunkanlah hujan kepada hambamu, hujan yang merata dan tidak berbahaya,” ujarnya.***