OJK Belum Beri Penjelasan Terkait Laporan Dana Nasabah BRI Diduga Raib

OJK Belum Beri Penjelasan Terkait Laporan Dana Nasabah BRI Diduga Raib
Ilustrasi- Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

PALU, KABAR SULTENG – Berikut update terbaru kabar Dana Nasabah BRI yang diduga raib di rekening.

Terkait laporan dua nasabah BRI Cabang Palu yang mengaku kehilangan dana di rekening mereka pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulawesi Tengah belum memberikan penjelasan.

Bacaan Lainnya

Upaya konfirmasi KabarSulteng.Id melalui pesan WhatsApp (WA) terkait Dana Nasabah BRI yang diduga rain ini, Rabu (20/12/2023) belum mendapat penjelasan, apakah pihak OJK Sulteng sudah memproses laporan dua nasabah tersebut atau masih dalam proses penelaahan laporan.

Sementara pihak pelapor yakni, pasangan suami istri atas nama Suyatno bersama sang istri Erma Nurfatona mengaku dalam keteranganya kepada KabarSulteng.Id sudah mengadukan terkait dugaan raibnya dana di rekeningnya ke OJK Sulteng.

Demikian halnya, mantan pejabat Pemkot Palu, Rosida Thalib mengaku sudah sejak tahun 2022 pihaknya melaporkan dugaan hilangnya dana di rekening BRInya, tapi hingga saat ini belum mendapat penjelasan dari OJK Sulteng.

BACA JUGA: Klarifikasi BRI Palu Terkait Dugaan Dana Nasabah Hilang Ratusan Juta Rupiah

Pasangan suami istri atas nama Suyatno bersama sang istri Erma Nurfatona mengaku kehilangan uang ratusan juta dari saldo tabungannya.

Kejadian serupa juga pernah dialami oleh seorang mantan pejabat Pemkot Palu bernama Rosida pada Tahun 2022 silam.

Rosida mengaku kehilangan uang hingga Rp 30 juta di rekening BRI miliknya.

 

Kronologi Uang di Rekening Suyatno bersama Istri Raib, Pertama Hilang Rp 25 Juta lalu Rp 185 Juta

Pasangan suami istri yang mengaku kehilangan uang direkenignya ialah Suyatno dan istrinya Erma Nurfatonah.

Pasangan suami istri ini beralamat di Jl Puenjidi, kelurahan Kabonena, Kecamatan Palu Barat, Kota Palu.

Suyatno mengatakan, baru mengetahui uang dalam tabungannya sejumlah Rp 200 juta itu raib, pada Senin, 11 Desember 2023, saat ia mengecek saldo didalam rekeningnya nol rupiah alias kosong.

“Saya kaget kok saldo saya kosong, padahal saldoku didalam rekening itu Rp 25 juta,” kata Suyatno kepada KabarSulteng.id, Rabu, 20 Desember 2023.

BACA JUGA: Nasabah BRI Cabang Palu Mengaku Kehilangan Saldo Ratusan Juta, Telah Mengadu ke OJK

Belum lama setelah saldo miliknya hilang, kejadian yang sama memimpa istrinya (Erma Nurfatonah).

Dimana saldo sekitar Rp 185 juta di dalam rekening istrinya juga raib, padahal keduanya tidak pernah melakukan transaksi.

“Jadi keseluruhannya uang kami yang hilang itu sekitar Rp 210 juta,” ujarnya.

Atas kejadian itu, ia mengajukan sanggahan ke pihak BRI cabang Palu menyampaikan bahwa tabungannya di dalam rekening hilang.

“Saat di cetak rekening korannya ternyata uang kami hilang transaksinya itu melalui Qris, dan transaksinya itu alamatnya di Jakarta,” jelas Suyatno.

Suyatno merasa kecewa dengan pihak BRI Cabang Palu. Pasalnya usai melakukan sanggahan itu, pihak bank menyampaikan kepada mereka kalau semua transaksi itu sah.

“Bagaimana caranya pihak bank mengatakan transaksi itu sah, nah kami tidak pernah transaksi melalui qris, jelaslah kami tidak terima, saat cetak rekenig koran itu istri saya disuruh membayar Rp 300 ribu oleh pihak Bank BRI Palu,” ungkapnya.

Suyatno juga telah mengadu ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulteng karena tidak menerima keputusan Bank BRI Cabang Palu terkait hilangnya saldo didalam rekening, yang menyatakan jika transaksi itu qris.

“Pihak Bank itu sudah janjikan akan melakukan mediasi dengan OJK, itupun kalau tidak saya posting di facebook mereka tidak mau tangani permasalahan ini, intinya saya berharap uang saya itu harus kembali apalagi itu uang usaha,” terangnya.

 

Pejabat Pemkot Kehilangan Uang Puluhan Juta di Rekening, Sudah Melapor Tapi Belum Ada Hasil

Kejadian tak mengenakkan juga dialami oleh seorang mantan pejabat Pemkot Palu yang mengaku kehilangan uang di rekeningnya pada Tahun 2022 lalu.

Mantan Pejabat Pemkot Palu Rosida Thalib kepada redaksi Kabar Sulteng, Rabu malam (20/12/2023) mengungkapkan, kehilangan uang di rekening BRI nya sebesar Rp 30 juta pada tahun 2022 lalu.

“Waktu itu Pemerintah Kota Palu melakukan penggajian lewat rekening BRI, jadi gaji saya maupun tunjangan masuk di BRI,” ungkap Rosida.

BACA JUGA: Ternyata ! Mantan Pejabat Pemkot Palu Juga Pernah Kehilangan Uang Rp 30 Juta di Rekening BRI

Rosida menerangkan, baru menyadari kejadian itu saat memeriksa saldo didalam rekening BRI miliknya berkurang, padahal ia tidak pernah menarik ataupun melakukan transaski.

“Saya langsung ke kantor BRI Jalan Veteran dan saya minta blokir, karena uang saya berkurang padahal atm dan buku rekening sama saya dan tidak ada yang tau nomornya, kecuali saya,” terangnya.

Kemudian saat melapor ke BRI Cabang Palu, Rosida mengaku kaget karena dari bukti rekening koran ternyata terdapat transaksi belanja online melalui rekening miliknya.

“Ada semua saya print belanja onlinenya, ada buktinya semua sama saya, transaksi dana sekitar Rp 1 juta, dan kurang lebih Rp30 juta transaksi shopee semua,” ujar Rosida.

Padahal, kata Rosida, dirinya tidak pernah melakukan belanja online lewat transfer di Shopee , kecuali bayar di tempat atau COD (Cash on Delivery) jika melakukan belanja online.

“Pihak bank saat itu katanya mau berupaya bantu permasalahan saya, ada surat dari Bank BRI cabang Palu sudah melapor ke pusat, cuma begitu saja, sampai hari ini tidak ada pengembalian,” katanya.

Mantan Kadis Dukcapil Kota Palu ini juga menyampaikan telah melaporkan permasalahannya ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulteng, dan bahkan telah melapor ke Polresta Palu.

“Sudah saya melapor ke OJK, kepihak kepolisian, ada semua bukti laporannya sama saya, sampai saat ini tidak titik terangnya,” jelasnya.***

 

Ikuti juga berita menarik lainnya di saluran WhatsApp Official kabarsulteng.id klik disini 

Pos terkait