DPR Minta Kepolisian Usut Tuntas Penyebab Ledakan Smelter PT ITSS

DPR Minta Kepolisian Usut Tuntas Penyebab Ledakan Smelter PT ITSS
Tangkapan layar kebakaran tungku smelter PT ITSS di kawasan PT IMIP Morowali

MOROWALI, KABAR SULTENG – Anggota Komisi VII DPR RI Yulian Gunhar meminta pihak kepolisian segera mengusut tuntas peyebab ledakan dan kebakaran di perusahaan smelter PT ITSS di kawasan PT Indonesia Morowali Industrial Park (PT IMIP), Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah.

“Kami dari Komisi VII DPR RI meminta kepada pihak kepolisian untuk segera mengusut tuntas ledakan dan kebakaran yang terjadi di PT ITSS di kawasan PT IMIP, hingga ditemukan penyebab bencana yang menelan korban jiwa para pekerja itu,” jelas Yulian Gunhar, dilansir dari laman resmi DPR RI, dilansir dari laman resmi DPR RI, Senin (25/12).

BACA JUGA: Polisi Ungkap Kronologi, Detail Korban hingga Operasional PT ITSS Dihentikan

Yuliani menerangkan, pengusutan dan investigasi menjadi suatu yang penting demi memastikan apakah kejadian yang merenggut sejumlah korban jiwa para karyawan perusahaan itu, akibat dari kelalaian atau akibat masalah peralatan.

“Melalui investigasi akan ditemukan, apakah karena kelalaian? Atau apakah karena peralatan yang digunakan kurang layak? Selain itu, perlu dipastikan bagaimana perawatan terhadap peralatan smelter secara berkala sesuai aturan,” katanya.

Masalah peralatan, menurutnya, harus menjadi perhatian  pihak-pihak terkait, antara lain perusahaan smelter dan juga Kementrian Perindustrian selaku pengawas dalam hal ini.

BACA JUGA: Ahmad Ali : Tolong Pak Kapolri Usut Tuntas Kecelakaan Kerja di Kawasan PT IMIP

“Untuk itu, diperlukan investigasi menyeluruh dari pihak berwajib serta kementerian Perindustrian selaku pengawas, untuk mencari penyebab insiden yang terjadi,” tegasnya.

Yulian juga meminta agar perusahaan smelter PT ITSS menghentikan sementara operasional dalam mengolah nikel. Hal itu guna memudahkan pihak kepolisian menginvestigasi ledakan hebat yang terjadi di perusahaan yang berlokasi di PT IMIP itu.

Penghentian sementara itu menurutnya, juga dimaksudkan demi memastikan keamanan operasional smelter dari kejadian serupa di masa depan.

“Selama pengusutan masih berjalan, operasional PT IMIP harus menghentikan operasionalnya. Juga dipastikan tingkat keamanan terjamin dari kejadian kebakaran,” tegasnya.