Apa Itu SPAM Sumur Artesis ? Proyek di Huntap Tondo Bernilai 1,7 Miliar yang Diduga Dikorupsi dan Disidik Kejari Palu

Apa Itu SPAM Sumur Artesis ? Proyek di Huntap Tondo Bernilai 1,7 Miliar yang Diduga Dikorupsi dan Disidik Kejari Palu
Ilustrasi SPAM Sumur Artesis (Canva)

PALU, KABAR SULTENG – 11 Desember 2023 tim Kejaksaan Negeri (Kejari) Palu menggeledah Kantor Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sulawesi Tengah (BPPW Sulteng). Penggeledahan itu dilakukan penyidik Kejari Palu terkait dugaan korupsi pada proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Sumur Artesis di kompleks Hunian tetap (Huntap) Tondo di Kota Palu.

“Soal dugaan kerugian negara masih kita minta perhitungan BPKP. Sementara indikasi kerugian Rp1,7 miliar,” ujar Kepala Seksi Intelijen (Kasi Intel) Kejari Palu Nyoman Purya kepada sejumlah wartawan kala itu.

Baca juga: Jalan Panjang dan Berliku Kasus Proyek Gedung DPRD Morut yang Melibatkan TA Gubernur Sulteng Ronny Tanusaputra

Informasi yang dihimpun redaksi KabarSulteng.Id penyidik Kejari Palu telah memeriksa sekitar 23 orang saksi terkait kasus itu, termasuk telah memeriksa Kepala BPPW, Sahabuddin dan Kepala Satuan Kerja.

Lalu apa sebenarnya proyek SPAM sumur Artesis yang harusnya sudah dinikmati warga Huntap Tondo, namun pada kenyataannya belum beroperasi dan diduga dikorupsi oleh pelaksana kerja dalam hal ini dari pihak BPPW Sulteng.

Dikutip dari laman tanganketiga.com dijelaskan, pengertian dari sumur artesis adalah suatu sumur yang tidak membutuhkan pompa agar airnya naik. Sumur ini biasanya dibuat oleh seorang professional yang bisa membuat bor sumur artesis.

Jenis sumur bor artesis ini umumnya sering dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan industri yang membutuhkan pasokan air yang banyak, seperti industri pabrik dan gedung-gedung.

Pembuatan sumur bor tidak sesederhana membuat sumur biasa. Membuat sumur artesis bahkan cukup berbahaya, karena prosesnya menggunakan mesin modern.

Mesin tersebut dapat menembus ke lapisan tanah, bebatuan, hingga kerikil. Itulah sebabnya, proses apa itu sumur artesis harus dilakukan oleh professional.

Setiap dilakukan pengeboran sumur artesis, kedalaman sumur tersebut hingga 250 meter. Hal ini biasanya tergantung dengan jumlah air yang memang dibutuhkan.

Sebelum membuat sumur artesis, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan agar proses pengeboran sumur artesis ini berhasil:

Lokasi pembuatan Sumur. pengeboran untuk apa itu sumur artesis sebaiknya tidak dilakukan di area dekat toilet. Tujuannya, agar air yang dihasilkan tidak terkontaminasi dengan sistem pembuangan.

Kedalaman Pengeboran. memperhatikan kedalaman sumur artesis sangat penting untuk diperhatikan. Kedalamannya harus sesuai dengan struktur daerah dan tanah.

Tenaga ahli dalam hal sumur bor artesis juga harus memiliki pengalaman yang jelas. Jasa sumur bor artesis ini juga harus professional agar membuat sumur yang berkualitas.

Biasanya, kedalaman sumur juga mempengaruhi besarnya biaya yang harus dikeluarkan.

Seperti diketahui penyintas bencana gempa bumi 28 September 2018 silam yang kehilangan hunian mendapatkan hunian tetap (Huntap) di wilayah Kelurahan Tondo. Sudah sekitar 5 tahun pasca bencana warga yang bermukim di Huntap Tondo hingga saat ini belum menikmati proyek SPAM Sumur Artesis, belakangan belum mengalirnya air dari  sumur Artesis ternyata ada masalah dan kini sedang diselidiki Kejari Palu dugaan korupsi bernilai miliaran rupiah.***