Diduga Akibat Proyek Bronjong BPBD Sulteng, Jembatan Gantung Desa Potugu Rusak Berat

Diduga Akibat Proyek Bronjong BPBD Sulteng, Jembatan Gantung Desa Potugu Rusak Berat
Jembatan Gantung Desa Potugu Rusak Berat. (Istimewa)

BUOL, KABAR SULTENG – Diduga akibat kesalahan teknis aktivitas proyek pembangunan bronjong BPBD Provinsi Sulteng, jembatan gantung penghubung masyarakat di Desa Potugu, Kecamatan Momunu, Kabupaten Buol rusak berat.

Data yang diterima redaksi KabarSulteng.id,  jembatan gantung di Desa Potugu mengalami kerusakan pada Rabu 27 Desember 2023.

Bacaan Lainnya

“Kerusakan jembatan gantung Desa Potugu menyebabkan terganggunya aktivitas prekonomian sebagian besar masyarakat Desa Potugu dan desa sekitarnya yang sangat tergantung dengan keberadaan jembatan dalam mempermudah untuk menjangkau akses prekonomian masyarakat,” tulis sumber.

Baca juga: Apa Itu SPAM Sumur Artesis ? Proyek di Huntap Tondo Bernilai 1,7 Miliar yang Diduga Dikorupsi dan Disidik Kejari Palu

Adapun pemicu kerusakan jembatan gantung di Desa Potugu itu, diduga dipicu oleh kesalahan teknis aktivtas proyek pembangunan bronjong BPBD Provinsi Sulteng yang sedang beroprasi di lokasi jembatan gantung Desa Potugu.

“Selain akibat arus air sungai terjadi  longsor pada bantaran sungai, itu diduga karena kesalahan teknis aktivitas proyek pembangunan bronjong BPBD Provinsi Sulteng,” bebernya.

Sehingga, longsor mengakibatkan kerusakan berat pada bagian dinding sayap jembatan gantung termasuk kepala jembatan, plat injak, pondasi dan plat lantai jembatan (bridge deck) yang sebagian jatuh ke bantaran sungai.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Sulteng Akris Fattah Yunus, saat dikonfirmasi menyampaikan, sudah menangani  terkait kerusakan jembatan gantung Desa Potugu.

“Sudah ditangani segera dari BPBD Prov Sulteng,” tulisnya via WA, Sabtu (30/12).***

 

Ikuti juga berita menarik lainnya di WhatsApp Official kabarsulteng.id klik disini

Pos terkait