Menatap Pemilu: Aliansi Jurnalis Independen Kota Palu Gelar Uji Kompetensi dan Workshop Profesionalisme

Menatap Pemilu: Aliansi Jurnalis Independen Kota Palu Gelar Uji Kompetensi dan Workshop Profesionalisme
Menatap Pemilu: Aliansi Jurnalis Independen Kota Palu Gelar Uji Kompetensi dan Workshop Profesionalisme

PALU, KABAR SULTENG – Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Palu mengukuhkan komitmen mendukung kualitas informasi jelang tahun politik dengan menggelar Uji Kompetensi Jurnalis (UKJ).

Acara ini, berlangsung di Hotel Jazz Palu, mengumpulkan puluhan jurnalis dari berbagai Kabupaten dan Kota di Sulawesi Tengah, mulai tanggal 26 hingga 28 Januari 2024.

Proses dimulai dengan Pra UKJ Aliansi Jurnalis Independen yang melibatkan peserta dalam workshop bertemakan “Profesionalisme Dalam Peliputan Pemilu”.

BACA JUGA: Kabupaten Sigi Raih Posisi Teratas dalam Evaluasi Pemerintahan Daerah Nasional

Ketua AJI Palu, Yardin Hasan, dalam sambutannya, menyoroti peran vital pers dalam menyajikan informasi yang mencerahkan, bermanfaat, dan kritis bagi masyarakat, terutama dalam konteks persiapan menghadapi pemilihan umum.

Yardin Hasan menggarisbawahi pentingnya para jurnalis menjunjung tinggi prinsip-prinsip jurnalisme dan kode etik.

Dia mengidentifikasi beberapa tantangan yang dihadapi oleh jurnalis, termasuk keterlibatan pemilik media yang juga merupakan tokoh partai politik, dan tekanan dari massa pendukung calon peserta pemilu.

“Tantangan lainnya adalah tekanan dan ancaman dari massa pendukung calon peserta pemilu. Potensi ancaman ini dapat menyulitkan jurnalis dalam menjalankan tugasnya secara profesional,” ujar Ketua AJi Palu Yardin Hasan, disela sela kegiatan workshop Pra UKJ, Jumat (26/1/2024) sore.

BACA JUGA: Tekad Bung Jeff Maju Pilkada Morut 2024: Siap Membangun Daerah

Dampak teknologi informasi juga diakui sebagai faktor yang meningkatkan kompleksitas pekerjaan jurnalis. Pengaruh media sosial dalam menyebarkan informasi disoroti sebagai pemicu polarisasi masyarakat yang semakin tajam.

Yardin Hasan juga memberikan perhatian khusus pada tingkat kesejahteraan para jurnalis, yang dianggap masih jauh dari harapan dan berpotensi memengaruhi profesionalisme mereka.

Menyikapi semua tantangan ini, AJI Indonesia menyadari perlunya pelatihan bagi para jurnalis yang akan meliput pemilihan umum.

BACA JUGA: Perjalanan Karir Politik Jeffisa Putra Amrullah, Pernah Dijuluki “Caleg Warkop”

Dengan pelatihan ini, diharapkan para jurnalis dapat bekerja secara profesional, mematuhi kode etik jurnalistik, dan menjaga integritas mereka dalam menghadapi dinamika politik yang kompleks.

Pada bagian lain acara, Workshop diisi oleh narasumber berpengalaman, yakni Willy Pramudya dan Budisantoso Budiman dari AJI Indonesia. Willy Pramudya, dalam membuka agenda lewat aplikasi Zoom, menekankan pentingnya pedoman etika bagi seorang jurnalis.

“Beda pekerjaan dan profesi, adalah salah satunya tentang etika. Seorang jurnalis yang profesional, harus memiliki kecakapan dan etika,” ujar Willy Pramudya, mempertegas bahwa dalam musim politik, media harus tetap menunjung prinsip keberimbangan dan profesional.

“Sebuah media yang bertanggung jawab tidak hanya meliput calon. Seandainya ketiga calon pilpres ini datang ke Makassar, media wajib menugaskan tiga orang untuk meliput agenda tersebut,” ujarnya.

Willy Pramudya menambahkan bahwa cara efektif untuk menjaga keberimbangan dalam berita adalah dengan mengambil komentar ahli. “Bisa dengan cara kedua, untuk membuat berita itu berimbang dengan memberikan komentar pengamat,” tuturnya.

Selain keberimbangan, Willy mengakui bahwa dalam meliput pemilu, keakuratan menjadi kunci agar melahirkan produk jurnalistik yang bermutu. “Dalam peliputan pemilu, jurnalis harus menyampaikan data pemilu dengan keakuratan. Berita yang berkualitas melahirkan pemilu yang berkualitas. Akurasi menjadi penting dalam peliputan pemilu,” tutupnya.

Dengan demikian, workshop ini menjadi forum penting yang tidak hanya memberikan pemahaman mendalam terkait tantangan-tantangan nyata yang dihadapi jurnalis, tetapi juga memberikan panduan konkret untuk menjaga profesionalisme dan etika dalam menyajikan informasi menjelang pemilihan umum. ***

 

 

Ikuti juga berita menarik lainnya di saluran WhatsApp Official kabarsulteng.id klik disini