Belasan Pengawas Pemilu di Buol Dirawat di Rumah Sakit Gegara Kelelahan

Belasan Pengawas Pemilu di Buol Dirawat di Rumah Sakit Gegara Kelelahan
Ketua Bawaslu Kabupaten Buol, Karianto, saat menjenguk anggota Pengawas Pemilu 2024 yang sedang menjalani perawatan di RS Mokoyulri Buol. (Ist)

BUOL, KABAR SULTENG – Belasan anggota Pengawas Pemlu 2024 di Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah (Sulteng) terpaksa dirawat di Rumah Sakit Umum (RSU) Mokoyulri Buol, gegara kelelahan saat bertugas.

Kabar itu dibenarkan Ketua Bawaslu Kabupaten Buol, Karianto, menyebut anggota pengawas pemilu  yang sedang dirawat terdiri dari 9 anggota Kelompok Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS), 2 anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu), dan 1 anggota Pengawas Kelurahan Desa (PKD) Kecamatan di Kabupaten Buol.

“Saat ini sebanyak 11 orang  dalam perawatan di Rumah Sakit Umum Mokoyulri Buol, dan 1 anggota PKD masih di Puskesmas Bonobogu,” ungkap Karianto, Kamis 15 Februari 2023.

Baca juga: Ini Penyebab Puluhan Warga Binaan Rutan Palu Tidak Dapat Memilih di Pemilu 2024

Karianto mengatakan, bahwa para anggota tersebut diduga mengalami kelelahan dan masalah kesehatan lainnya akibat menjalankan tugasnya sejak proses tahapan pendistribusian logistik hingga pungut hitung di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang masih berlangsung

“Hasil pemeriksaan dokter rumah sakit, bahwa mereka mengalami kelelahan serta telat makan, sehingga riwayat penyakit asam lambun kambuh, ditambah lagi kondisi cuaca saat ini di wilayah Kabupaten Buol sedang diguyur hujan,” ujarnya.

Baca juga: Kapolres, Ketua KPU dan Anggota Bawaslu Morowali Turun Tangan Amankan Keributan di TPS Bahodopi

Lebih lanjut, Karianto menjelaskan bahwa sembilan anggota PTPS yang sedang dirawat berasal dari Kecamatan Biau, Karamat, dan Tiloan, sementara dua anggota Panwaslu berasal dari Kecamatan Biau dan Momunu, dan satu anggota PKD berasal dari Kecamatan Bonobogu.

Karianto menekankan pentingnya menjaga kesehatan bagi seluruh pengawas pemilu dari tingkat kabupaten hingga TPS, mengingat proses pemilu masih berlangsung.

“Seluruh pengawas yang saat ini dalam perawatan, akan mendapatkan perhatian khusus dari pihak Bawaslu Kabupaten Buol,” pungkasnya.***

 

Ikuti juga berita menarik lainnya di saluran WhatsApp Official kabarsulteng.id klik disini