Poltekkes Palu Edukasi Pencegahan Anemia pada Remaja Putri di Desa Sibalaya Utara Sigi

Poltekkes Palu Edukasi Pencegahan Anemia pada Remaja Putri di Desa Sibalaya Utara Sigi
Poltekkes Palu melalui tim dosen Program Studi Kebidanan melakukan edukasi pencegahan anemia pada remaja putri di Desa Sibalaya Utara, Kabupaten Sigi, Jumat (23/2/2024), (Foto: Ist)

SIGI, KABAR SULTENG – Poltekkes Palu melalui tim dosen Program Studi Kebidanan melakukan edukasi pencegahan anemia pada remaja putri di Desa Sibalaya Utara, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, pada Jumat (23/2/2024),

Kegiatan ini diikuti oleh 23 kader kesehatan remaja dan dipimpin oleh Ketua Tim Dosen Ns. Taqwin, M.Kes., bersama Narmin, S.St., M.Keb., dan Sri Restu, M.Sc., serta beberapa mahasiswa Poltekkes Palu jurusan Kebidanan.

Materi edukasi yang diberikan meliputi definisi anemia, penyebab, gejala, dan dampak anemia pada remaja putri. Para kader juga diajarkan cara pencegahan anemia melalui pola makan sehat dan suplementasi zat besi.

Baca juga: Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Palu Suarakan Anti Korupsi dan Praktik Tidak Bermoral di Kampus

Untuk mengukur efektivitas edukasi, para kader diuji pengetahuan mereka tentang anemia sebelum dan setelah materi disampaikan. Hasilnya menunjukkan peningkatan pengetahuan yang signifikan setelah edukasi.

Kepala Puskesmas Kamaipura Sibalaya Utara, Sigi, Herliyani, SKM., menyambut baik kegiatan ini.

“Kami sangat bersyukur dengan kegiatan ini karena sangat membantu kami sebagai fasilitator di Kecamatan Tanambulava untuk meningkatkan pengetahuan kader kesehatan remaja. Selama ini belum ada pelatihan khusus untuk mereka,” ungkap Herliyani.

Baca juga: Istri Mendagri Tri Suswati Dijadwalkan ke Palu Evaluasi Bantuan Bibit Cabai

Salah satu kader kesehatan remaja, Vivi, mengungkapkan kegiatan Poltekkes Palu tentang edukasi pencegahan anemia ini sangat bermanfaat bagi remaja putri.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat. Kami jadi tahu bahaya anemia pada remaja putri dan ilmu ini akan saya sampaikan kepada teman-teman yang belum sempat ikut hari ini,” ujar Vivi.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan bukti nyata komitmen Poltekkes Palu dalam mendukung kesehatan masyarakat, khususnya dalam mencegah anemia pada remaja putri di wilayah pedesaan.***

Ikuti juga berita menarik lainnya di saluran WhatsApp Official kabarsulteng.id klik disini