Pelajar Tiga SMP di Kota Palu Terima Sosialisasi Pengelolaan Sampah dari PT CPM

PALU, KABAR SULTENG – Pelajar tiga Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Palu, Sulawesi Tengah terima sosialisasi pengelolaan sampah dari PT Citra Palu Minerals (CPM).

Program pengembang dan pemberdayaan masyarakat di awal Tahun 2024 ini akan berlangsung selama tiga hari di SMPN 1 Palu, SMPN 14 Palu dan SMPN 7 Palu.

Event ini dimulai tanggal 28 Februari 2024 sampai 1 Maret 2024.

Pada Rabu (28/2/2024) siang, tim PT CPM menyambangi SMPN 1 Palu dengan menggandeng Yayasan Yakkum Emergency Unit dan Bank Plastik Talise.

Dalam sosialisasi di SMPN 1 Palu ini, tim PT CPM dan Bank Plastik Talise menyampaikan pentingnya pengolahan sampah.

Baca juga: Reny A Lamadjido: Kota Palu Jadi Satu-satunya Daerah Libatkan Disabilitas dalam Musrembang

Perwakilan Departemen LMR PT CPM, Rizky Sultan mengatakan, sosialisasi itu dalam rangka peringatan Hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2024.

Hal itu kata dia, senada dengan program pengolahan lingkungan di PT CPM dengan melibatkan warga di kawasan lingkar tambang.

“Kali ini kita coba melakukan program pengolahan sampah di sekolah, di antaranya SMPN 1 Palu, SMPN 14 Palu dan SMPN 7 Palu,” ujarnya.

Dengan program ini, pihaknya berharap pelajar yang terlibat jadi pelopor keasadaran pengelolaan sampah, dimulai dari pengolahan dan memilah sampah.

Pelibatan pelajar SMP dinilai efektif untuk memberikan ajakan positif pengelolaah sampah.

“Ini juga merupakan dukungan PT CPM pada Program Sekolah Adiwiyata yang di Kota Palu,” ungkapnya.

Senada, Penanggungjawab Program Adiwiyata SMPN 1 Palu, Siti Roudah menambahkan, kolaborasi dengan PT CPM itu selaras dengan pemilihan SMPN 1 Palu dalam Program Sekolah Adiwiyata Mandiri.

Program ini berkaitan dengan pengelolaan lingkungan, termasuk keindahan, kebersihan hemat energi dan lainnya.

Program ini juga mendukung kolaborasi dengan mitra-mitra sekolah.

Dalam hal ini, Program Sekolah Adiwisaya SMPN 1 Palu ternyata selaras dengan program pengelolaan lingkungan PT CPM.

“Kerjasama dengan PT CPM ini sudah berlangsung 2 kali, dan kita akan ada MoU terkait dengan pengelolaan sampah,” jelasnya.

Program pengelolaan sampah di SMPN 1 Palu dengan PT CPM antara lain pemanfaatan sampah plastik dan pengolahan sampah organik, khususnya daun kering. (*)