Musrenbang RKPD Kota Palu 2025 Fokuskan Pengelolaan Lingkungan dan Ketangguhan Daerah

Musrenbang RKPD Kota Palu 2025 Fokuskan Partisipasi Masyarakat, Pengelolaan Lingkungan dan Ketangguhan Daerah
Pembukaan Musrenbang RKPD Kota Palu tahun 2025, Kamis (7/3/2024). (Kabar Sulteng)

PALU, KABAR SULTENG – Pemerintah Kota Palu menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) untuk menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Palu tahun 2025. Musrenbang kali ini mengangkat tema “Peningkatan Partisipasi Masyarakat Dalam Pengelolaan Lingkungan dan Peningkatan Ketangguhan Daerah”.

Wakil Wali Kota Palu, dr. Reny A. Lamadjido, mewakili Wali Kota Hadianto Rasyid, membuka Musrenbang yang berlangsung di Jalan Kampung Nelayan, Kota Palu, Kamis (7/3/2024).

Baca juga: Hadianto Rasyid Bawa Pulang Piala Adipura Pertama untuk Kota Palu

Reny menyampaikan bahwa Musrenbang tahun ini merupakan momentum strategis untuk memastikan seluruh target pembangunan dalam dokumen perencanaan jangka menengah Kota Palu tercapai.

“Musrenbang ini juga untuk memastikan terciptanya pondasi yang kuat bagi pembangunan Kota Palu di tahun 2025,” kata Reny.

Reny menekankan pentingnya Musrenbang dalam menyusun RKPD 2025. Menurutnya, Musrenbang memastikan perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, dan pembangunan dapat terwujud dengan efisien dan tepat sasaran.

“Pembangunan di Kota Palu harus mendukung percepatan kinerja,” ujarnya.

Reny berharap seluruh stakeholder yang hadir dalam Musrenbang RKPD 2025 dapat serius dan menjadikan forum ini sebagai wahana partisipatif untuk pembangunan Kota Palu.

“Mari kita jadikan Musrenbang RKPD ini sebagai wahana diskusi dan tukar menukar informasi untuk mengakomodir usulan pembangunan dari bawah,” ajaknya.

Reny juga mengapresiasi tema pembangunan Kota Palu tahun 2025 yang fokus pada partisipasi masyarakat, pengelolaan lingkungan, dan ketangguhan daerah.

“Semoga tema ini menjadi acuan bagi perangkat daerah dalam menyusun dokumen perencanaannya,” harapnya.

Reny memaparkan bahwa berbagai indikator makro pembangunan Kota Palu telah berada dalam track yang baik, seperti pertumbuhan pendapatan per kapita dan ekonomi masyarakat yang diatas target RPJMD, penurunan pengangguran dan kemiskinan, serta Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang tertinggi di Sulawesi Tengah.

“Pencapaian ini merupakan hasil kolaborasi tanpa henti dari seluruh stakeholders pembangunan di Kota Palu, termasuk pencapaian sejarah perolehan Piala Adipura untuk pertama kalinya,” tuturnya.

Reny berharap Musrenbang RKPD Kota Palu 2025 menghasilkan perencanaan yang lebih baik dan memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat, serta memastikan terciptanya tatanan pembangunan yang lebih baik di Kota Palu, baik di masa kini maupun masa depan.***

Ikuti juga berita menarik lainnya di saluran WhatsApp Official kabarsulteng.id klik disini