Antara Cudy Atau Hidayat, Siapa yang Dipilih Gerindra Menjadi Calon Gubernur Sulteng ?

Antara Cudy Atau Hidayat, Siapa yang Dipilih Gerindra Menjadi Calon Gubernur Sulteng ?
kOLASE FOTO: Hidayat Lamakarate dan Rusdy Mastura. (Dok: Pribadi/Ist)

KABAR SULTENG, – Spekulasi-spekulasi bakal calon Gubernur Sulteng mulai masif diperbicangkan publik Sulawesi Tengah. Figur Rusdy Mastura yang akrab disapa Cudy dan Hidayat Lamakarate menjadi topik yang selalu menarik menjadi bahan diskusi, siapa yang akan dipilih Partai Gerinda untuk menjadi calon Gubernur Sulteng pada Pilkada November 2024 mendatang ?

Seperti diketahui Rusdy Mastura kini telah bergabung bersama Partai Gerindra dan menjadi ketua penasehat DPD Partai Gerindra Sulteng. Sementara Hidayat Lamakarate diketahui pada Pilkada Gubernur 2020 lalu menjadi calon Gubernur yang diusung Gerindra.

Baca juga: Ahmad Ali Sebut Pilgub Sulteng Adalah Kontestasi Adu Gagasan Bukan Menjatuhkan

Ketua DPD Partai Gerindra Sulteng, Longki Djanggola dalam sebuah wawancara yang dikutip dari kanal Youtube Podcast Palu beberapa waktu lalu mengungkapkan, DPD Partai Gerindra dalam pelaksanaan pemilihan calon-calon kepala daerah termasuk calon gubernur, berdasarkan aspirasi, berdasarkan survey dan beberapa indikator. Kebiasaan di Partai Gerindra calon itu tidak satu orang dan DPD hanya sebatas penjaringan.

“Sekarang ini ada figur-figur yang bakal menjadi calon gubernur, selain pak Cudy, Hidayat Lamakarate ada Irwan Lapatta, Anwar Hafid dan lainnya. Semua akan diseleksi semua, nanti di tim pansel akan merumuskan semuanya. Biasanya di kami akan ada tiga orang nama yang akan diusulkan,” ujarnya.

Dalam seleksi bakal calon gubernur, lanjut Longki, tidak hanya dari kader Gerindra saja, tapi juga membuka peluang dari kader partai lain maupun figur dari non partai dan semua keputusan akhir ada di dewan pengurus pusat (DPP). “Kami dari DPD hanya mengirimkan tiga nama ke DPP, dari sana proses cawe-cawenya di DPP. Siapa yang DPP mau pakai, yang pasti adalah satu dari usulan kami di DPD. Tidak mungkin tidak diusul ujuk-ujuk keluar namanya,” jelasnya.

Baca juga: Beredar Flyer Anwar Hafid-Sakinah, Bagaimana dengan Reny Lamadjido ?

Soal Cudy yang juga sudah menjadi kader DPD Gerindra Sulteng ? Longki mempersilakan saja, tapi semua prosesnya akan diusulkan ke DPP dan tidak hanya Cudy sendiri, ada juga Hidayat Lamakarate, yang jelas tiga nama yang akan diusulkan.

Longki mengungkapkan, dari bincang-bincang bersama Cudy selalu mengedepankan jika dia masih sehat kembali akan maju.

“Sudah ada bincang-bicang, Cudy kalau sehat akan tetap maju, tapi kalau tidak sehat tentu tidak yah seperti itu. Karena untuk maju sebagai calon gubernur itu bukan hanya soal kesiapan fisik, semua non fisik juga harus siap segala-segalanya,” ucap Longki.

Sementara Hidayat Lamakarate dalam beberapa kesempatan teguh tetap akan menjadi calon Gubernur Sulteng bukan calon wakil gubernur. Bahkan Hidayat menegaskan walaupun nanti Partai Gerindra mungkin pada akhirnya tidak akan mengusungnya sebagai calon Gubernur Sulteng dia tetap akan menjadi calon Gubernur Sulteng misalnya dengan partai lain. Hidayat mengaku masih memiliki KTA Gerindra, artinya dia masih menjadi bagian dari Gerindra.

“Kalau pada akhirnya tidak diusung Gerindra menjadi calon gubernur kedepan, pada saat itulah saya menyatakan diri untuk pamit dari Gerindra dan mencari partai lain untuk mendukung saya menjadi calon Gubernur Sulteng,” ujar Hidayat dikutip dari wawancara di kanal Youtube Podcast Palu.

Sementara Gubernur Suteng H. Rusdy Mastura memastikan bahwa dirinya siap bertarung kembali di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulteng 27 November 2024.

Hal itu dikemukakan Tenaga Ahli (TA) Gubernur Sulteng bidang Investasi, Rony Tanusaputra saat menghadap Gubernur Sulteng Rusdy Mastura di Lokasi Wisata Pusat Laut bersama 4 orang TA lainnya.

“Gubernur H. Rusdy Mastura menyatakan secara resmi akan kembali mengikuti Pemilihan Gubernur Sulteng,” ujar Rony Tanusaputra melalui rilis yang diteruskan TA Bidang Komunikasi Publik, Andono Wibisono, Kamis (21/3/2024).***