Irwan Lapatta Dinilai Representasi Suara Milenial di Pilkada Gubernur Sulteng 

Irwan Lapatta Dinilai Representasi Suara Milenial di Pilkada Gubernur Sulteng 
Irwan Lappata. (IST)

KABAR SULTENG, – Dari sekian figur yang tampil menghiasi pemberitaan calon Gubernur Sulteng yang akan berkontestasi di Pilkada November 2024 mendatang adalah Mohamad Irwan Lapatta.

Bupati Sigi dua periode itu disebut-sebut menjadi representasi dari suara milenial atau yang dikenal saat ini dengan sebutan generasi Z.

Baca juga: Antara Cudy Atau Hidayat, Siapa yang Dipilih Gerindra Menjadi Calon Gubernur Sulteng ?

Pengamat politik yang juga akademisi UIN Datokarama Palu, Dr. Sahran Raden. S.Ag, SH. MH mengungkapkan, berdasarkan survey pada Pilpres maupun pemilihan legislatif lalu 60 persen pemilih itu adalah generasi milenial. Kalau merujuk pada beberapa nama yang sudah terang-terangan memberi sinyal akan maju pada Pilkada Gubernur ada dua mewakili generasi, yaitu generasi tua dan generasi muda atau milenial. Salah satu figur yang dianggap bisa menjadi representasi dari generasi milenial ada nama Irwan Lapatta. Bupati Sigi dua periode itu selain dari sisi usia memang menjadi salah satu calon yang muda, selain itu ada Hidayat Lamakarate.

“Selain figurnya yang dikenal sebagai Bupati Sigi dua periode, ketua DPD Partai Golkar Sigi. Saya kira Irwan ini figur yang bisa mewakili anak muda,” ujar Sahran Raden dalam wawancara di kanal Youtube Podcast Palu beberapa waktu lalu.

Irwan Masuk Penugasan DPP Golkar 

Seperti diketahui Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar mengeluarkan daftar nama untuk penugasan sebagai bakal calon yang mengikuti pemilihan kepala daerah serentak pada November 2024 di Provinsi Sulawesi Tengah.

Untuk Provinsi Sulawesi Tengah, nama-nama yang mendapatkan penugasan masing-masing bakal calon gubernur Arus Abdul Karim dan Mohammad Irwan. Sementara bakal calon wakil gubernur adalah Aguston Hambuako.

Memastikan maju sebagai calon Gubernur Sulteng, Irwan Lapatta, Selasa (16/4/2024) telah resmi mengambil formulir pendaftaran di dua partai yakni, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sulteng dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sulteng.

Sebelum Irwan Lapatta mengambil formulir pendaftaran di PDI-P, beberapa calon gubernur, Rusdy Mastura, Muharram Nurdin, Ahmad Ali, dan Anwar Hafid sudah lebih dulu mengambil formulir dan beberapa sudah resmi mengembalikan formulir pendaftaran ke Parpol.***