Pemkot Palu Terima 3 Penghargaan dari LKPP dan Gubernur Sulteng, Terkait Penilaian ini

Pemkot Palu Raih 3 Penghargaan Pengadaan Barang dan Jasa
Pemkot Palu raih 3 penghargaan dari LKPP RI dan Pemprov Sulteng. (IST)

KABAR SULTENG, – Pemerintah Kota (Pemkot) Palu kembali meraih 3 piagam penghargaan pada Rapat Koordinasi (Rakor) Unit Kerja Pengadaan Barang /Jasa se-Sulawesi Tengah Tahun 2024 yang diadakan di Ampana, Kabupaten Tojo Una-una, Senin (13/5/2024).

Penghargaan pertama diberikan kepada Pemkot Palu oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) RI atas pencapaian Kematangan Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa (UKPBJ) Level 3 (proaktif). Pencapaian ini diraih dengan memenuhi kelengkapan atribut pada sembilan variabel penilaian.

Baca juga: Kota Palu Kembali Meraih Penghargaan Pembangunan Daerah Terbaik 2024

Dua penghargaan lainnya datang dari Gubernur Sulawesi Tengah, H. Rusdy Mastura. Pertama Penghargaan kepada Pemkot Palu diberikan atas kepatuhan dan ketepatan perangkat daerah dalam mengumumkan Rencana Umum Pengadaan (RUP) APBD per 31 Maret 2024 pada Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP). Sedangkan penghargaan kedua diberikan atas keberhasilan UKPBJ Kota Palu dalam mencapai tingkat kematangan level proaktif dari LKPP RI.

Ketiga Piagam Penghargaan tersebut, diterima oleh Sekretaris Daerah Kota Palu, Irmayanti Pettalolo, S.Sos.,MM mewakili wali kota, yang diberikan oleh perwakilan Kepala LKPP RI dan perwakilan Gubernur Sulawesi Tengah.

Asisten bidang Perekonomian dan Pembangunan Setdaprov Sulawesi Tengah, Dr. Rudi Dewanto, SE.,MM yang membacakan sambutan tertulis gubernur menyampaikan, kegiatan Rakor Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa ini merupakan satu sarana yang baik dan strategis.

Guna menyamakan persepsi serta pemahaman demi kemajuan pengadaan barang/jasa, dalam mewujudkan pencapaian tujuan program pembangunan daerah, dalam satu kesatuan visi pembangunan Sulawesi Tengah, yaitu “Gerak Cepat Menuju Sulawesi Tengah Lebih Sejahtera dan Lebih Maju.”

Asisten mengungkapkan, pengadaan barang/jasa daerah Provinsi Sulawesi Tengah melalui elektronik katalog pada tahun 2023, mencapai 25.672 paket dengan total nilai belanja sebesar Rp. 597.992.995.448, dan sampai dengan akhir bulan April 2024, telah mencapai 8.292 paket, dengan jumlah nilai belanja sebesar Rp. 310.246.882.216.

Sedangkan untuk e-tender pada tahun 2023, mencapai 260 paket dengan total nilai belanja sebesar Rp. 1.880.264.510.899, dan tahun 2024 sampai dengan akhir bulan April, telah mencapai 154 paket dengan jumlah nilai belanja sebesar Rp. 655.796.437.080.

“Untuk belanja Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah melalui UMK meningkat cukup signifikan. Hal tersebut dibuktikan dengan diperolehnya penghargaan dari Pemerintah Pusat pada anugerah pengadaan tahun 2023 gubernur Sulawesi Tengah meraih penghargaan terbaik kedua atas prestasi nilai transaksi umk terbesar yang diserahkan oleh Menteri Koperasi UMK, Drs. Teten Masduki di Jakarta,” kata asisten.

Oleh karena itu, gubernur melalui Asisten Rudi berharap seluruh bupati dan wali kota se Sulawesi Tengah, memiliki komitmen untuk terus mendorong proses belanja melalui elektronik di daerah masing-masing.

Selain itu juga mendorong kepada seluruh UKPBJ, agar memberi pelayanan terbaik kepada penyedia serta memperhatikan pengembangan SDM PBJ termasuk pemberian TPP khusus dan selalu meningkatkan kinerjanya.

Turut hadir mendampingi Sekkot Irmayanti kali ini yakni Asisten bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Palu, dr. Husaema, MM.,M.Kes dan pejabat terkait lainnya.***