Saling Klaim Lembaga Survey, Ahmad Ali dan Rusdy Mastura Sama-sama Unggul di Pilgub Sulteng

Saling Klaim Lembaga Survey, Ahmad Ali dan Rusdy Mastura Sama-sama Unggul di Pilgub Sulteng
Ahmad M. Ali dan Rusdy Mastura. (IST)

Survei digelar 1- 10 Mei, dengan metode wawancara tatap muka langsung, sebanyak 800 responden dengan margin off error kurang lebih 3,46 persen.

”Survei ini memotret banyak hal, mulai dari tingkat kepuasan publik, masalah yang menjadi perhatian masyarakat dan termasuk persaingan electoral jelang pilgub,” ujar Direktur Eksekutif Skala Data Indonesia Arif Nurul Imam dalam keterangan persnya, Sabtu (25/5/2024).

Menurut Arif, Pilgub Sulteng masih dinamis meski terdapat nama sosok tokoh-tokoh kuat yang masuk dalam bursa Pilgub. Nama Rusdy Mastura, Ahmad M. Ali, dan Anwar Hafid, merupakan tokoh yang memiliki elektabilitas lumayan bagus.

”Rusdy Mastura unggul dengan 15,1 persen disusul Ahmad Ali 11 persen, Anwar Hafid 9,4 persen, dan tokoh lainnya di bawah 5 persen,” ujar Arif Nurul Imam.

Sementara itu, jumlah pemilih yang menyatakan belum memiliki pilihan 23,3 persen sedang yang menjawab tidak tahu 36 persen. Artinya, lanjut Arif masih banyak pemilih yang tak bertuan yang akan menjadi ladang perebutan simpati para tokoh yang akan berkontestasi. Rusdy Mastura, lanjut Arif Nurul Imam, sejatinya memiliki modal politik yang cukup besar.

Itu lantaran merupakan petahana selain memiliki tingkat kepercayaan masyarakat yang lumayan tinggi. Sedangkan Ahmad Ali memiliki basis besar di Morowali dan sekitarnya.

”Karena itu, petahana Rusdy Mastura jika maju kembali memiliki modal besar untuk memenangkan pilgub dan bersaing dengan Ahmad Ali,” tandas Arif Nurul Imam.