Kinerja Rachmansyah Ismail Saat Jadi Pj Bupati Morowali: Ubah Kemiskinan Ekstrem Jadi Nol Hingga Adipura

Kinerja Rachmansyah Ismail Saat Jadi Pj Bupati Morowali: Ubah Kemiskinan Ekstrem Jadi Nol Hingga Adipura
Penjabat (Pj) Bupati Morowali, Rachmansyah Ismail. (IST)

Kinerja Rachmansyah Ismail Saat Jadi Pj Bupati Morowali

MOROWALI, KABAR SULTENG – Sejak dilantik sebagai Penjabat (Pj) Bupati Morowali pada 26 September 2023 oleh Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura, Rachmansyah Ismail telah menunjukkan kinerja luar biasa di kampung halamannya.

Hanya dalam beberapa hari setelah dilantik, Rachmansyah Ismail langsung menunjukkan kinerja dengan mengambil berbagai tindakan penting. Dalam waktu singkat, ia berhasil menurunkan angka kemiskinan ekstrem di Morowali menjadi nol, yang berujung pada pemberian penghargaan dan insentif dari pemerintah pusat.

Salah satu pencapaian atas kinerja Rachmansyah Ismail adalah pemindahan gardu listrik dari Kolonedale di Morowali Utara ke Kecamatan Witaponda dan Bumi Raya di Morowali. Meskipun pelayanan PLN belum maksimal, pemerintah kabupaten telah berupaya maksimal dengan memberikan bantuan genset dan mesin diesel kepada PLN.

Baca juga: Pj Bupati Morowali Berikan Insentif Petugas Rumah Ibadah di Kecamatan Witaponda dan Bumi Raya

Kepala Dinas Sosial Morowali Arifin Lakane, mengatakan terkait isu kemiskinan ekrem  dalam kurun waktu 2 bulan ini tak ada lagi masyarakat miskin ekstrem atau sudah nol, (November 2023).

Kalaupun masih ada yang berpendapatan rendah itu memang benar, tapi yang miskin ekstrem sudah nol atau sudah tidak ada.

“Terkait masyarakat berpendapatan rendah, pemerintah daerah Morowali telah menganggarkannya dalam bentuk pemberian bantuan langsung tunai (BLT) sebesar Rp, 1 juta perbulan dan berlaku 4 bulan. Artinya ada Rp, 4 juta per kepala keluarga (KK) selama 4 bulan terhitung mulai Januari hingga April 2024,”jelasnya.

Penyaluran BLT ini pemda morowali bekerja sama dengan bank sulteng. Diamana setiap penerima blt menggunakan rekening bank sulteng.

Ia mengatakan semua masyarakat berpendapatan rendah mendapatkan blt tahun 2024 ini.