Profil Abdul Karim AlJufri: Calon Wakil Gubernur Sulteng Mendampingi Ahmad Ali

Profil Abdul Karim AlJufri
Abdul Karim AlJufri. (IST)

Karier dan Prestasi

Sebelum terjun ke dunia politik, Abdul Karim AlJufri juga dikenal sebagai atlet pencak silat yang berprestasi. Dia adalah salah satu tokoh di balik layar yang mengantarkan kontingen Merah Putih meraih 14 medali emas dan 1 perunggu di Asian Games 2018. Ia kala itu didapuk sebagai Wakil Manager Beregu Putera Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) oleh Ketua Umum PB IPSI, Letjen (Purn). H. Prabowo Subianto. Dia juga seorang pendekar pencak silat aktif di perguruan silat Satria Muda Indonesia (SMI) dan meraih prestasi sebagai Juara Dunia Pencak Silat. Kesuksesannya ini membawa AKA dekat dengan Prabowo Subianto.

Latar Belakang dan Pendidikan

Dilahirkan di Ambon pada 23 November 1980 dari pasangan Umar Bin Alwi Bin Salim AlJufri dan Kartini Lakoro, perjalanan hidup AKA penuh tantangan. Setelah menetap di Palu, dia menyelesaikan pendidikan sebelum merantau ke Jakarta.

Kiprah Politik

Prestasi AKA dalam pencak silat berlanjut di dunia politik. Dia menjadi anggota DPRD Sulteng dari Dapil 6 dan menjabat sebagai Ketua Fraksi Gerindra. Pada masa kampanye Pilpres, AKA menjabat sebagai Ketua Tim Pemenangan Daerah (TKD) Prabowo-Gibran di Sulteng.