BRT di Kota Palu Siap Beroperasi Dalam Waktu Dekat

BRT di Kota Palu Siap Beroperasi Dalam Waktu Dekat
Kepala Dinas Perhubungan Kota Palu, Trisno Yunianto. (Foto: Rizal)

Layanan ini akan beroperasi dengan kontrak selama tiga tahun. Jalur operasional meliputi seluruh wilayah Kota Palu, termasuk arah barat ke terminal Tipo, arah utara hingga Pantoloan, dan menuju bandara. Tarif akan dibahas lebih lanjut, kemungkinan besar akan ada uji coba gratis selama beberapa hari di awal operasi.

“Kami masih menunggu biaya operasional kendaraan (BOK) untuk menetapkan tarif. Pemda hanya menyiapkan halte dan bus stop, sementara semua operasionalnya ditanggung oleh penyedia jasa,” tambah Trisno.

Setiap bus memiliki kapasitas 25-30 penumpang dan dilengkapi dengan GPS serta video untuk memantau aktivitas supir, sehingga penumpang dapat melihat apakah supir dalam kondisi baik atau tidak.

Dalam sistem BTS (Buy The Service) ini, Pemerintah Kota Palu membeli jasa layanan dari PT. Bagong Transport yang mencakup penyediaan bus, pengemudi, bahan bakar, dan perawatan. Pemerintah Kota Palu tidak melakukan pengadaan transportasi bus secara langsung, melainkan membeli jasa layanan dari PT. Bagong Transport di Malang, Jawa Timur.