Progres Pembangunan Huntap Tondo ll dan Talise Valangguni Disorot Pansus DPRD Palu

Progres Pembangunan Huntap Tondo ll dan Talise Valangguni Disorot Pansus DPRD Palu
Progres Pembangunan Huntap Tondo ll dan Talise Valangguni Disorot Pansus DPRD Palu

PALU, KABAR SULTENG – Progres Pembangunan Huntap Tondo ll dan Talise Valangguni mendapat sorotan dari Panitia Khusus (Pansus) Rehab Rekon DPRD Palu.

Sorotan itu disampaikan pada Rapat Paripurna DPRD Palu yang digelar di Kota Palu pada Rabu (12/6/2024).

Bacaan Lainnya

Ketua Pansus, Moh Syarif mengungkapkan bahwa telah melakukan peninjauan dan menemukan hanya ada 961 unit Huntap yang sudah dibangun dari ditotal 1.055 unit Huntap II Tondo Palu.

“Masa kontrak pekerjaan yang dilaksanakan PT Adhi Karya dan PT Bumi Karsa berakhir pada 16 Juni 2024. Jangan sampai penyerahan ini setengah-setengah harusnya diselesaikan semua, sudah mau berakhir masa kontrak, kita tidak tau mereka adendum atau bagaimana,” ujar Syarif soal Pembangunan Huntap Tondo.

Baca Juga: DPRD Palu Rapat Paripurna Penetapan Perubahan Propemperda 2024, 6 Raperda Ini Jadi Prioritas

Diakuinya, peresmian dan penyerahan kunci nantinya harus diperlihatkan terkait dengan seluruh progres pembangunan huntap tersebut. Dirinya sendiri menyayangkan progres pembangunan unit Huntap jauh dari yang diharapkan bersama.

“Kita tidak boleh perlihatkan yang indah-indah, tapi kita perlihatkan semua kepada Menteri seluruh progres pembangunan huntap itu, bukan pansus saja yang berkoar-koar tapi pemerintah pusat juga harus melihat pemenang tender ini, karna mereka memberikan subkon kepada pekerja-pekerja lokal, sementara kualiatas pekerja itu kami tidak ketahui,” ujarnya menambahkan.

Sementara Wakil Ketua Pansus, Ahmad Umaiyer juga menyampaikan bahwa dari 961 unit Huntap II Tondo Palu yang sudah dibangun, hanya ada 30 unit mulai dirapikan.

Hal tersebut, kata dia, mengingat waktu penyerahan kunci dan kontrak pekerjaan yang akan segera berakhir.

“Sekitar 30 unit yang dirapikan, apakah ini yang mau diserahkan atau secara keseluruhan, seharusnya pekerjaan ini sudah diselesaikan mulai dari air bersih, jalan, drainase rusak, pondasi talud amblas, trotoar dan lain sebagainya masih banyak yang amburadul,” ungkapnya.

Baca Juga: Ketua DPRD Palu Tekankan Peran Penting PPK dalam Sukseskan Pilkada 2024

Apalagi dalam waktu dekat, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia Luhut Binsar Pandjaitan akan berkunjung ke Kota Palu. Kata dia, dengan agenda melihat langsung prosesi penyerahan unit Huntap kepada warga penyintas.

“PANSUS Rehab-Rekon ini sudah masuk 4 tahun. Pansus terlama yang ada di DPRD Kota Palu. Kenapa terlama, karena proses penyelesaian pembangunan Huntap belum juga selesai-selesai. Dari pembangunan 1.055 unit Huntap 2 di Tondo, yang terbangun baru 961. Jadi, masih ada sisanya yang belum dibangun,” jelasnya. (*)

 

 

Simak update berita menarik lainnya, ikuti saluran WhatsApp Official KabarSulteng.id https://whatsapp.com/channel/0029VaFS4HhH5JM6ToN3GU1u atau klik di sini

Pos terkait