Apakah Rachmansyah Ismail Akan Maju di Pilkada Morowali 2024?

Apakah Rachmansyah Ismail Akan Maju di Pilkada Morowali 2024?
Ir. H. Abdul Rahmansyah Ismail, M.Agr, MP, Penjabat (Pj) Bupati Morowali. (IST)

Apakah Rachmansyah Ismail Akan Maju di Pilkada Morowali 2024?

MOROWALI, KABAR SULTENG – Figur Ir. H. Abdul Rachmansyah Ismail, M.Agr, MP, Penjabat (Pj) Bupati Morowali, Sulawesi Tengah, menjadi sorotan. Banyak yang penasaran apakah Rachmansyah akan maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Morowali 2024? Hingga kini, Rachmansyah belum memberikan pernyataan resmi terkait pencalonannya.

Khidir, warga Bungku, mengungkapkan ketidakpastian tersebut menimbulkan tanda tanya di kalangan masyarakat.

“Apakah pak Rachmansyah Ismail akan maju dalam kontestasi Pilkada Morowali 2024? atau kembali menjabat sebagai Kepala Dinas ESDM Provinsi Sulawesi Tengah? Belum ada pernyataan resmi dari beliau,” katanya.

Baca juga: Kinerja Rachmansyah Ismail Saat Jadi Pj Bupati Morowali: Ubah Kemiskinan Ekstrem Jadi Nol Hingga Adipura

Menurut Khidir, jika Rahmansyah serius mencalonkan diri, seharusnya ia sudah menyatakan sikap secara langsung kepada masyarakat. Namun, hingga kini belum ada pernyataan resmi, hanya rumor dan dukungan dari warga.

“Jika Rahmansyah tidak mencalonkan diri, mengapa banyak baliho bertagline ‘Temponomo’ terpajang di berbagai tempat di wilayah Morowali?” tambah Khidir.

Sanusi H. Ali, warga Baho Tobungku, menyatakan bahwa rasa penasaran masyarakat wajar. “Rahmansyah pantas menjadi pemimpin di kampung kelahirannya. Kepedulian dan respon cepatnya terhadap keluhan warga membuat masyarakat penasaran apakah ia akan maju di Pilkada mendatang,” ujarnya.

Baca juga: Rachmansyah Ismail Loby BTIIG: Landasan Pacu Bandara Maleo Morowali Diperpanjang 600 Meter

Ia menegaskan bahwa masyarakat sangat mengharapkan jawaban pasti dari Rachmansyah mengenai pencalonannya.

“Kami ingin tahu apakah baliho yang terpampang adalah tanda kepastian dirinya ikut berkontestan dalam Pilkada,” tambahnya.

Menanggapi pernyataan warga Ketua DPC Partai Bulan Bintang (PBB) yang telah tercatat sebagai sosok senioritas bintang Timur asal Morowali 4 kali terpilih menjadi Dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) kabupaten Morowali Aminuddin Awaluddin S.Pdi, secara gamblang mengakui, bahwa dirinya pun masih bingung dan penasaran terhadap sosok Rachmansyah yang hingga kini belum menjelaskan secara pasti apakah maju bertarung dalam kontes Pilkada mendatang atau tidak ?

Aminudin Awaludin mengatakan hingga saat ini, sekalipun saya yang mendapat kepercayaan mendampingi pak Rachmansyah ke sejumlah kotoh – tokoh masyarakat dan silaturrahim ke tokoh – tokoh partai politik yang mendorong beliau maju pilkada masih penasaran.

“Karena bapak Rachmansyah belum perna mengatakan secara jelas terkait pemilihan kepala daerah mendatang. Malah yang dikatakan Rachmansyah, saat ini dan kedepan marilah kita bekerja sesuai tupoksi yang mesti dilakukan yakni memerhatikan apa yang menjadi harapan masyarakat Morowali saat ini dan kedepan. Hal itu saja yang disampaikan Rachmansyah, intinya untuk mengetahui secara pasti kita tunggu saja hasil penetapan bakal calon kedepan,” demikian ditegaskan Aminudin Awaluddin.

Ir. H. Abdul Rachmansyah Ismail, M.Agr, MP, menegaskan bahwa jika ia maju di Pilkada nanti, ia akan mengajukan permohonan pensiun dini.

“Saya akan pensiun dini jika maju Pilkada Morowali, menyahuti dorongan masyarakat dan tokoh-tokoh,” jelas mantan Kadis ESDM Pemprov Sulteng itu.

Rachmansyah juga menambahkan bahwa setelah bertemu Gubernur Rusdy Mastura, ia memutuskan untuk tidak mengambil cuti di luar tanggungan negara (CLTN) melainkan langsung pensiun dini.

“Saya sudah mengabdi sebagai ASN selama kurang lebih 30 tahun, dan akan pensiun dini setelah bertemu dengan Gubernur,” terang Rachmansyah.

Langkah Rachmansyah Ismail ini membuat masyarakat semakin penasaran apakah ia benar-benar akan maju mencalonkan diri dalam Pilkada Morowali 2024?***