Penemuan Mayat Bayi di Desa Lolu Sigi Gegerkan Warga, Polisi Selidiki

Penemuan Mayat Bayi di Desa Lolu Sigi Gegerkan Warga, Polisi Selidiki
Penemuan mayat bayi laki-laki di pinggir Jalan Dahlia, Desa Lolu, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi. (Humas Polres Sigi)

SIGI, KABAR SULTENG – Warga Desa Lolu, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah digemparkan dengan penemuan mayat bayi laki-laki di pinggir Jalan Dahlia, Minggu (23/6/2024) sekitar pukul 06.45 WITA.

Bayi malang itu ditemukan dalam keadaan tidak bernyawa, terlentang, dan terbungkus kantong plastik merah yang dilapisi plastik hitam.

Kapolres Sigi melalui Kasi Humas Polres Sigi, Iptu Nuim Hayat, S.H., membenarkan kejadian ini. Menurutnya, jasad bayi itu pertama kali ditemukan oleh warga Desa Lolu, Sigi.

Baca juga: Polda Sulteng Ajak Jurnalis Ikuti Lomba Artikel Kritik Polri, Berikut Persyaratannya

“Benar, jasad bayi ditemukan oleh saksi berinisial Lk. UI (76), warga Desa Lolu. Pukul 06.45 WITA, Lk. UI sedang dalam perjalanan ke kebun untuk memperbaiki saluran air. Saat kembali, ia melihat bungkusan plastik hitam mencurigakan di pinggir Jalan Dahlia. Setelah dibuka, ditemukan bayi yang sudah tidak bernyawa,” kata Iptu Nuim.

Melihat kejadian ini, Lk. UI segera melapor ke saksi kedua, Pr. RA, seorang bidan di Rumah Sakit Torabelo Sigi. Pr. RA langsung pergi ke Mako Polsek Biromaru untuk melaporkan penemuan tersebut.

Personel Polsek Biromaru dan Unit Identifikasi Sat Reskrim Polres Sigi segera mendatangi tempat kejadian perkara (TKP) untuk melakukan olah TKP dan membawa mayat bayi ke Puskesmas Biromaru untuk dilakukan visum.

Baca juga: Nurhan Warga Huntara Petobo, Penderita Tumor Kepala Terbaring Lemah Tak ada Biaya Berobat

“Saat ini, tim dari Unit Identifikasi Sat Reskrim Polres Sigi masih menyelidiki kasus ini. Hasil pemeriksaan di Puskesmas Biromaru menunjukkan plasenta bayi sudah membusuk dan kotoran bayi berwarna kuning, menandakan bayi telah meninggal sekitar 12 jam sebelum ditemukan,” jelas Iptu Nuim.

Mayat bayi tersebut telah diserahkan kepada pihak aparat Desa Lolu, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi untuk dilakukan pemakaman. Penyelidikan lebih lanjut masih berlangsung untuk mengungkap fakta di balik penemuan mayat tersebut.***