Survei Pilgub Sulteng 2024: Ahmad Ali Unggul, Anwar Hafid di Posisi Kedua

Survei Pilgub Sulteng 2024: Ahmad Ali Unggul, Anwar Hafid di Posisi Kedua
Wakil Ketua Umum Partai NasDem, Ahmad Ali. (Foto: KabarSulteng.id)

KABAR SULTENG – Lembaga Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei terbaru menjelang Pilgub Sulteng 2024. Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai NasDem, Ahmad Ali, memimpin dengan perolehan suara signifikan, sementara Anggota DPR RI Anwar Hafid berada di posisi kedua.

Survei indikator Pilgub Sulteng 2024 ini dilakukan selama periode 13-20 Juni 2024, melibatkan 1.200 responden dari seluruh Kabupaten/Kota di Sulteng dengan metode multistage random sampling. Dengan margin of error ±2,9% pada tingkat kepercayaan 95%, hasil survei ini memberikan gambaran jelas mengenai preferensi pemilih di Sulteng.

Baca juga: Saling Klaim Lembaga Survey, Ahmad Ali dan Rusdy Mastura Sama-sama Unggul di Pilgub Sulteng

“Jika pemilihan diadakan saat survei dilakukan, Ahmad Ali unggul dibanding calon lainnya sebagai calon gubernur Sulawesi Tengah. Di posisi kedua, Anwar Hafid juga menunjukkan keunggulan yang signifikan. Sementara petahana, Rusdy Mastura dan Ma’mun Amir, serta calon lainnya, tertinggal jauh dari dua nama teratas,” ujar Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi dalam keterangan tertulis, Senin (24/6).

Dalam simulasi pilihan calon gubernur, Ahmad Ali meraih dukungan sekitar 27,2%, disusul Anwar Hafid dengan 14,6%, Rusdy Mastura 4,9%, Ma’mun Amir 3,8%, Moh Irwan Lapatta 3,1%, dan Hidayat Lamakarate 3%. Nama-nama lainnya seperti Abdul Karim Aljufri, S.U. Marunduh, Kasman Lassa, dan Hadianto Rasyid memperoleh dukungan lebih rendah.

jika jumlah calon yang bersaing dibatasi menjadi empat, Ahmad Ali tetap konsisten unggul dengan dukungan 33,5%, diikuti Anwar Hafid dengan 20,2%, Rusdy Mastura 9,3%, dan Moh Irwan Lapatta 3,9%. Jarak elektoral antara ketiga nama teratas menunjukkan konsistensi dalam pergeseran basis dukungan.

Burhanuddin menjelaskan bahwa elektabilitas Ahmad Ali yang unggul disebabkan oleh popularitas dan kesukaan warga. Ahmad Ali dikenal oleh 70,2% warga, dengan 74,4% dari mereka menyukainya, sehingga sekitar 52,2% warga Sulteng menyukai Ahmad Ali. Sebaliknya, calon lain memiliki tingkat pengenalan dan kesukaan yang lebih rendah sesuai survei indikator Pilgub Sulteng 2024.

“Ahmad Ali menjadi nama yang paling disukai karena ia aktif menjangkau pemilih melalui berbagai kegiatan sosialisasi, media massa, media sosial, dan kegiatan langsung dengan warga. Dukungan partai juga berperan penting, di mana sentimen positif terhadap Partai Nasdem mendongkrak popularitas Ahmad Ali,” jelas Burhanuddin.

Burhanuddin menambahkan, Jika pola sosialisasi ini berlanjut, Ahmad Ali memiliki peluang terbesar untuk menang pada Pilgub Sulawesi Tengah 27 November 2024.

Selain itu, isu ekonomi seperti harga kebutuhan pokok dan lapangan kerja serta kondisi infrastruktur seperti jalan rusak, listrik sering padam, dan ketersediaan air bersih menjadi sorotan utama warga. Calon yang dianggap mampu menyelesaikan persoalan ini memiliki peluang lebih besar untuk dipilih.***