Elektabilitas Anwar Hafid Tertinggi di Dua Lembaga Survei untuk Calon Gubernur Sulteng 2024

Elektabilitas Anwar Hafid Tertinggi di Dua Lembaga Survei untuk Calon Gubernur Sulteng 2024
Anwar Hafid

KABAR SULTENG –  Elektabilitas Anwar Hafid tertinggi berdasarkan survei dari dua lembaga survei sebagai calon gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) pada Pilgub Sulteng 2024.

.Dari 25 nama calon gubernur yang disurvei oleh Indikator Indonesia, Anwar Hafid unggul dengan tingkat elektabilitas mencapai 15,4 persen.

Survei Politisi Partai Demokrat Anwar Hafid di atas Waketum Nasdem Ahmad Ali yang meraih 12,4 persen, serta incumbent Gubernur Sulteng Rusdy Mastura yang berada di angka 7,5 persen. Selanjutnya, ada Mamun Amir dengan 5,4 persen dan Nilam Sari Lawira di 5,0 persen.

Baca juga: Anwar-Reny Kunjungi Lokasi Banjir Parimo, Koordinasi BWSS III Palu Segera Perbaiki Tanggul Jebol

Survei tersebut dilakukan pada 1-9 Mei 2024 dan dirilis di jurnas.com pada Selasa (25/6/2024). Jumlah sampel survei ini adalah 800 orang yang berasal dari seluruh kabupaten dan kota di Provinsi Sulawesi Tengah, yang didistribusikan secara proporsional.

Dalam survei yang dikeluarkan oleh Indonesia Political Review, Anwar Hafid juga menunjukkan elektabilitas tinggi dengan 9,23 persen, diikuti Hidayat Lamakarate dengan 8,21 persen, Ahmad Ali dengan 7,38 persen, Rusdy Mastura dengan 2,36 persen, dan Iwan Lapata dengan 1,44 persen. Sebanyak 71,38 persen responden tidak menjawab atau tidak tahu.

Indikator Politik Indonesia juga merilis hasil survei pasangan calon gubernur dan wakil gubernur untuk pemilihan gubernur Sulteng 2024. Pasangan Anwar Hafid – Reny A. Lamadjido yang diusung oleh Partai Demokrat, PBB, dan PKB unggul dengan 22,3 persen. Mereka berada di atas pasangan Ahmad Ali – Moh. Irwan Lapatta yang memperoleh 21,5 persen dan pasangan Rusdy Mastura – Ma’mun Amir yang meraih 18,0 persen. Sementara, 38,2 persen responden tidak tahu atau belum menentukan pilihan.

Anwar Hafid sendiri tidak banyak bicara terkait hasil survei yang menempatkannya di posisi teratas.

“Saat ini fokus saya adalah bekerja untuk masyarakat dan memenuhi janji-janji saya sebagai anggota DPR RI. Terima kasih atas kepercayaan masyarakat Sulteng, suatu kehormatan dinilai layak memimpin Sulteng. Mohon doanya saja,” ujar mantan Bupati Morowali dua periode ini.

Anwar Hafid sudah tidak asing di Sulawesi Tengah. Kiprahnya begitu bermanfaat bagi masyarakat. Saat ini, ia menjabat sebagai Ketua DPD Partai Demokrat Sulawesi Tengah dan telah dipercaya rakyat Sulawesi Tengah selama dua periode sebagai anggota DPR RI serta berhasil memimpin Kabupaten Morowali. Majunya Anwar sebagai calon Gubernur adalah atas dorongan masyarakat Sulteng.

Simak update berita menarik lainnya, ikuti saluran WhatsApp Official KabarSulteng.id https://whatsapp.com/channel/0029VaFS4HhH5JM6ToN3GU1u atau klik di sini