5 Kelompok PKM UWN Terima Dana Program Kreativitas Mahasiswa

5 Kelompok PKM UWN Terima Dana Program Kreativitas Mahasiswa
Lima kelompok mahasiswa Universitas Widya Nusantara (UWN) menerima Dana Program Kreativitas Mahasiswa. (IST)

PALU, KABAR SULTENG – Rektor Universitas Widya Nusantara (UWN) bersama Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah XVI menyerahkan dana Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) kepada lima kelompok mahasiswa yang lolos program pendanaan. Acara ini berlangsung di Aula UWN, pada Jumat, (28/6/2024).

Penyerahan dana ini merupakan hasil seleksi dari puluhan proposal PKM yang diajukan. Kelima kelompok yang terpilih akan melanjutkan program mereka dalam penelitian dan pengabdian masyarakat. Hadir dalam acara ini mahasiswa anggota kelompok PKM, Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan, Rektor UWN, dan Koordinator Bidang Kemahasiswaan LLDikti Wilayah XVI.

Rektor UWN, Dr. Tigor H. Situmorang, M.H., M.Kes., menegaskan bahwa universitas secara rutin membimbing dan mendukung mahasiswa untuk menjalankan hobi dan aktivitas di luar mata kuliah yang ditempuh.

“Kami ingin mahasiswa tetap produktif dan berprestasi,” ujarnya.

Baca juga: Makna Logo HUT ke-79 RI dengan Tema “Nusantara Baru Indonesia Maju”

Hariyanto Huntua, SE., S.Sos., MM., Koordinator Bidang Kemahasiswaan LLDikti Wilayah XVI, berharap semakin banyak mahasiswa yang terlibat dalam PKM agar lebih banyak dana yang dianggarkan.

“Kampus UWN adalah yang terbanyak menerima dana hibah Kemahasiswaan dari Belmawa di Wilayah XVI,” katanya.

Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan UWN, Ahmil, S.Kep., N.S., M.Kes., mengungkapkan rasa syukur karena UWN berhasil mempertahankan prestasi ini.

“Ada peningkatan jumlah proposal sebanyak 65, dan kami berharap angka ini terus meningkat,” jelasnya.

Berikut adalah nama ketua kelompok mahasiswa UWN dan judul PKM yang lolos pendanaan PKM dari LLDikti yaitu :

  1. Indriyani – “Inovasi Lotion Berbahan Dasar Daun Kelor (Moringa Oleifera) sebagai Repelient dalam Upaya Pencegahan Demam Berdarah”
  2. Siska K. Sinanang – “Pemberdayaan Ibu-Ibu PKK dalam Mengolah Minyak Bekas Pakai menjadi Sabun Cuci Pakaian di Kelurahan Lambara”
  3. Rati Oktrin Weiha – “Pemberdayaan Masyarakat Peduli Lingkungan melalui Pemanfaatan Sampah Plastik menjadi Paving Block di Kelurahan Talise”
  4. Anissa Anggraini – “Transformasi Pelestarian Budaya Lokal dengan Inovasi Pembuatan Ecocraft Berbahan Sampah Anorganik di Kelurahan Tondo”
  5. Fitri – “Upaya Penurunan Angka Stunting melalui Diversifikasi Pangan Lokal pada Ibu Hamil di Desa Tinggede”

Dengan pendanaan ini, diharapkan para mahasiswa dapat menghasilkan inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat luas.***

Simak update berita menarik lainnya, ikuti saluran WhatsApp Official KabarSulteng.id https://whatsapp.com/channel/0029VaFS4HhH5JM6ToN3GU1u atau klik di sini