Wali Kota Palu Kumpulkan Ratusan Juru Parkir, Bangun Kesepakatan Bersama

Wali Kota Palu Kumpulkan Ratusan Juru Parkir, Bangun Kesepakatan Bersama
Wali Kota Palu, H. Hadianto Rasyid, SE, didampingi sejumlah pimpinan OPD dan pihak terkait, kembali mengumpulkan ratusan Juru Parkir (Jukir) se-Kota Palu pada Minggu, 30 Juni 2024 di rumah dinasnya. (Foto: Humas Pemkot Palu)

PALU, KABAR SULTENG – Wali Kota Palu, H. Hadianto Rasyid, SE, didampingi sejumlah pimpinan OPD dan pihak terkait, kembali mengumpulkan ratusan Juru Parkir (Jukir) se Kota Palu pada Minggu, 30 Juni 2024 di rumah dinasnya.

Pertemuan ini bertujuan untuk membangun kesepakatan bersama mengenai pengelolaan parkir yang lebih baik di ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah.

Wali Kota Hadianto menekankan pentingnya pertemuan ini sebagai langkah awal untuk menciptakan pengelolaan parkir yang bermanfaat bagi semua pihak, baik bagi para Juru Parkir maupun Pemerintah Kota Palu.

“Pertemuan hari ini sangat penting, karena menyangkut pengelolaan parkir bersama di Kota Palu,” ujar Wali Kota Hadianto.

Baca juga: Wali Kota Palu Buka Seminar Teacherpreneur 2024

Dia menginginkan agar parkir di Kota Palu dikelola bersama-sama sehingga memberikan manfaat yang adil bagi semua pihak.

Menurutnya, manfaat yang diperoleh pemerintah akan kembali kepada masyarakat dalam bentuk pembangunan kota, baik fisik maupun non-fisik. “Saya sudah menyampaikan bahwa niatan pemerintah adalah agar pengelolaan parkir ini bisa terkelola dengan baik, sehingga betul-betul memberikan manfaat bagi semua,” tambahnya.

Wali kota melihat potensi besar dalam pengelolaan parkir yang dapat digarap bersama dan memberikan keuntungan bagi semua pihak. Ia mengusulkan skema bagi hasil 50:50 antara Pemerintah Kota Palu dan para Jukir. Pemerintah Kota Palu juga akan menyediakan seragam resmi serta perlindungan BPJS Ketenagakerjaan dan kesehatan bagi para Jukir.

“Bukan cuma pakai rompi, tapi benar-benar seragam. Sehingga parkir kita di Kota Palu adalah parkir resmi yang dikelola secara profesional,” ungkap wali kota.

Selain itu, jika pengelolaan parkir berjalan dengan baik, para Juru Parkir Kota Palu juga akan mendapat paket sembako dari Pemerintah Kota Palu.

Wali kota berharap pengelolaan parkir yang baik akan memberikan hasil yang signifikan dan manfaat besar bagi Kota Palu.

“Kalau ini tidak terkelola dengan baik, akan sulit. Nanti akan ada perwakilan Jukir untuk mengikuti rapat kecil terkait urusan teknis ini,” tambahnya.

Kesepakatan antara Pemerintah Kota Palu dan para Jukir ini rencananya akan disosialisasikan secara luas kepada masyarakat agar dapat diperhatikan dan dilaksanakan. Selain itu, dalam waktu dekat, Pemerintah Kota Palu akan melaksanakan apel akbar bersama para Jukir se-Kota Palu.***

Simak update berita menarik lainnya, ikuti saluran WhatsApp Official KabarSulteng.id https://whatsapp.com/channel/0029VaFS4HhH5JM6ToN3GU1u atau klik di sini