Jatuh Bangun Mardiman Sane di Jalur Politik, Gagal Bupati dan DPR RI, Maju Lagi di Pilkada Morut 2024

Jatuh Bangun Mardiman Sane di Jalur Politik, Gagal Bupati dan DPR RI, Maju Lagi di Pilkada Morut 2024
Dr. Mardiman Sane,SH, MH. (IST)

MORUT, KABAR SULTENG – Sejak lama politisi yang juga advokat Dr. Mardiman Sane, SH, MH  atau saat ini dikenal dengan sebutan MDS sudah pontang panting di jalur politik.

Jatuh bangun seorang MDS di jalur politik diawali ketika MDS maju dalam kontestasi Pilkada Bupati Morowali Utara (Morut) 2015.

Kala itu Mardiman Sane berpasangan dengan Anhar  yang bernomor urut 3 namun belum berhasil menang.

Baca juga: Mardiman Sane Terima Surat Tugas Rekomendasi Demokrat Ikut Pilkada Morut 2024

Dikutip dari Surat Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Morowali Utara, nomor 15 / Kpts/KPU-Kab-024.433155-MU/2015, dalam Pilkada Bupati Morut Mardiman Sane dan Anhar bertarung dengan empat pasangan calon bupati lainnya masing-masing :

Nomor urut 1, pasangan Mahmud Ibrahim dan Sanda Rinding Sarunggalo yang berhasil meraup 12.514 suara.

Nomor urut 2, pasangan Ir. Aptripel Tumimomor  dan Moh. Asrar Abd. Samad berhasil memperoleh 18.675 suara.

Nomor urut 3, Mardiman Sane dan Anhar  berhasil meraup 7.692 suara.

Nomor urut 4, H. Idham Ibrahim dan Heymans Larope berhasil meraup 16.260 suara.

Nomor urut 5, Drs. H. Sutrisno Sembiring  dan W. Kristina Parinsi.

Pada Pilkada Bupati Morut 2015 berhasil dimenangkan Aptripel Tumimomor dan Moh. Asrar Abd. Samad.

Kemudian di Pileg DPR RI

Kabar terbaru Sabtu 29 Juni 2024 bertempat di kantor kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat, putra daerah sekaligus salah satu tokoh politik asal Morowali Utara (Morut), Dr. Mardiman Sane, SH., MH menerima Surat Tugas Rekomendasi Partai Demokrat untuk ikut Pilkada Morut.

MDS dalam keterangan persnya membenarkan dirinya mendapat mandat dari partai untuk ikut bertarung di Pemilihan Bupati Morut yang akan digelar tanggal 27 November mendatang.

“Surat tugas ini sekaligus langkah awal untuk Morowali Utara yang lebih baik nantinya. Kita juga berharap bisa menciptakan politik yang sopan dan santun untuk masyarakat Morut,” ucapnya.

MDS yang juga sebagai Kepala Bappilu Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Sulawesi Tengah, bukannya hal yang baru disetiap perhelatan Pilkada Morut karena sebelumnya Mardiman juga pernah menjadi calon bupati Morut namun belum berhasil.

“Bapak Mardiman Sane adalah salah satu kader partai yang paling diperhitungkan. Jika niat beliau untuk membangun kampung halamannya lebih baik, sudah pasti Partai Demokrat mendukung hal itu,” kata Sekretaris DPD Demokrat Sulteng, Moh. Hidayat Pakamundi saat menyerahkan surat rekomendasi dari DPP Partai Demokrat.

Alasan kuat terkait keinginan MDS untuk kembali mencoba peruntungan maju dalam kontestasi Pilkada Morut November mendatang belum diuraikannya.

Sekadar diketahui saat ini ada sejumlah nama yang disebut-sebut juga akan maju dalam kontestasi Pilkada Morut, selain petahan dr. Delis Jukarson Hehi yang dikabarkan kembali akan berpasangan dengan wali bupatinya saat Pilkada 2020 yakni, H. Djira.

Selain itu ada nama Warda Dg Mamala, politisi Golkar yang saat ini menjabat sebagai Ketua DPRD Morut.

Juga ada Jeffisa Putra Amrullah, politisi PKB, anggota DPRD Morowali terpilih.

Kemudian kabar terbaru politisi Demokrat, MDS putra kelahiran Mori Morowali Utara juga menyatakan akan kembali maju dalam Pilkada Morut 2024.***

Simak update berita menarik lainnya, ikuti saluran WhatsApp Official KabarSulteng.id https://whatsapp.com/channel/0029VaFS4HhH5JM6ToN3GU1u atau klik di sini