El Capitan Tanam Ribuan Bibit Mangrove di Parigi Moutong untuk Peringati Hari Mangrove Sedunia

El Capitan Tanam Ribuan Bibit Mangrove di Parigi Moutong untuk Peringati Hari Mangrove Sedunia
Lembaga Pecinta Alam dan Petualangan (LPAP) El Capitan Indonesia melaksanakan kegiatan penanaman ribuan bibit mangrove di pesisir Desa Mertasari-Kelurahan Maesa, Kecamatan Parigi, Kabupaten Parigi Moutong. (Dok. LPAP El Capitan Indonesia)

PARIGI MOUTONG, – Dalam rangka memperingati Hari Mangrove Sedunia pada 26 Juli 2024, Lembaga Pecinta Alam dan Petualangan (LPAP) El Capitan Indonesia melaksanakan kegiatan penanaman ribuan bibit mangrove di pesisir Desa Mertasari-Kelurahan Maesa, Kecamatan Parigi, Kabupaten Parigi Moutong.

Kegiatan ini melibatkan berbagai Kelompok Pecinta Alam (KPA) di Kota Parigi Moutong, dengan LPAP El Capitan Indonesia sebagai penginisiasi yang menyiapkan ribuan bibit mangrove.

Bacaan Lainnya

Baca juga: Maju Sebagai Caketum HIPMI Sulteng, Faiz Dapat Dukungan dari HIPMI Parigi Moutong

Ketua Devisi Lingkungan LPAP El Capitan Indonesia, Wahab Usman, menjelaskan bahwa bibit mangrove yang ditanam berasal dari lokasi demplot rehabilitasi, diambil dalam bentuk propagul dan ditancapkan di area tersebut.

“Saat ini adalah musim buah mangrove, sehingga kami mudah mendapatkan bibit,” kata Wahab.

Kegiatan penanaman ribuan bibit mangrove ini tidak hanya diadakan untuk memperingati Hari Mangrove Sedunia, tetapi juga dilakukan secara rutin setiap minggu.

Selain penanaman, LPAP El Capitan Indonesia juga melakukan pembersihan sampah di lokasi demplot rehabilitasi mangrove.

“Setiap kali melakukan penanaman, kami juga mengadakan aksi pungut sampah di lokasi demplot,” tambah Wahab.

Wahab menegaskan bahwa kegiatan ini merupakan upaya untuk menjaga kelestarian ekosistem laut dan memberikan edukasi kepada masyarakat, khususnya yang tinggal di pesisir Teluk Tomini. Mangrove, selain bermanfaat bagi ekosistem bawah laut, juga penting untuk mencegah abrasi pantai dan gelombang tsunami.

“Kami berharap, kegiatan ini dapat memberikan edukasi tentang pentingnya rehabilitasi mangrove,” kata Wahab, menutup penjelasannya.

Dalam upaya ini, LPAP El Capitan Indonesia berharap dapat menginspirasi lebih banyak masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan, terutama dalam menjaga dan melestarikan ekosistem mangrove.***

Simak update berita menarik lainnya, ikuti saluran WhatsApp Official KabarSulteng.id https://whatsapp.com/channel/0029VaFS4HhH5JM6ToN3GU1u atau klik di sini

Pos terkait