Pariwisata Tojo Una Una Banyak Diminati Wisatawan, Gubernur Yakin Wisata Sulteng Semakin Maju Berkat IKN

Pariwisata Tojo Una Una Banyak Diminati Wisatawan, Gubernur Yakin Wisata Sulteng Semakin Maju Berkat IKN
Gubernur Sulteng Rusdy Mastura menghadiri Sosialisasi Sadar Wisata Aksi Sapta Pesona, Festival Kuliner, dan Festival Angkringan di desa wisata Labuan Belanda pada Rabu sore (31/7). (IST)

KABAR SULTENG, – Kabupaten Tojo Una – Una (Touna) telah menjadi magnet pariwisata terbesar di Sulawesi Tengah (Sulteng), terutama setelah meredanya pandemi Covid-19 yang membawa lonjakan turis ke wilayah ini.

Untuk memperkuat sektor pariwisata di Tojo Una Una, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengadakan Sosialisasi Sadar Wisata Aksi Sapta Pesona, Festival Kuliner, dan Festival Angkringan di desa wisata Labuan Belanda pada Rabu sore (31/7).

Bacaan Lainnya

Kegiatan ini dibuka oleh Gubernur Rusdy Mastura dan dihadiri oleh Bupati Touna, Mohammad Lahay, S.E., M.M.
Dalam sambutannya, Gubernur Rusdy Mastura mengapresiasi upaya ini sebagai langkah penting dalam meningkatkan pariwisata dan peluang usaha, khususnya dalam mempromosikan kuliner seafood.

Baca juga: 7 Destinasi Wisata Paling Dicari di Sulawesi Tengah Tahun 2024

“Semoga kegiatan ini menghasilkan hasil-hasil yang baik dan menjadi acuan bagi pengembangan pariwisata Sulawesi Tengah,” ungkap Gubernur Sulteng Rusdy Mastura.

Gubernur juga menyoroti dampak positif pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Kalimantan Timur bagi pariwisata Sulteng, yang dikenal sebagai Negeri Seribu Megalit.

Ia menceritakan pengalamannya mengalami kemacetan di Kalimantan Timur saat tahun baru, menunjukkan terbatasnya opsi wisata di sana.

Baca juga: 7 Wisata Alam di Buol Sulawesi Tengah, Sangat Memukau dan Wajib Dikunjungi

“Dengan peresmian KM Dharma Kencana V, kita berharap pariwisata Sulteng akan berkembang pesat, menarik wisatawan dari ibu kota negara dan daerah lain,” ujarnya optimis.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dra. Diah Agustiningsih, M.Pd, menambahkan bahwa Kepulauan Togean menjadi primadona wisata yang menarik turis asing.

Dukungan aksesibilitas darat, laut, dan udara sangat penting untuk menciptakan konektivitas antar destinasi. Ia juga menyampaikan bahwa desa wisata Labuan Belanda berhasil masuk dalam 50 besar dari 6000-an lebih desa yang dinilai dalam Anugrah Desa Wisata 2024.

“Terima kasih atas dukungan Pak Gubernur untuk pembangunan pariwisata Sulawesi Tengah,” katanya.
Bupati Touna, Mohammad Lahay, mengapresiasi kolaborasi antara pemerintah provinsi dan kabupaten dalam mendukung kemajuan pariwisata di Tojo Una Una.

Ia mengajak semua tamu undangan untuk menikmati berbagai destinasi wisata di Touna, seperti Kampung Bajo, pemandangan matahari terbenam di Desa Labuan Belanda, pemandian air panas Marowo, dan Pulau Togean.
“Kami berharap semoga kegiatan ini dapat menggali potensi wisata dan ekonomi kreatif serta membuka destinasi baru,” terangnya.

Acara ini juga dihadiri oleh Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sulteng Dr. Hj. Vera Rompas Mastura, S.Sos, M.Si, serta pejabat perangkat daerah, pelaku usaha, mitra kerja, dan penggiat pariwisata.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi pengembangan pariwisata Sulawesi Tengah dan membuka destinasi wisata baru di wilayah tersebut.***

Simak update berita menarik lainnya, ikuti saluran WhatsApp Official KabarSulteng.id https://whatsapp.com/channel/0029VaFS4HhH5JM6ToN3GU1u atau klik di sini

Pos terkait