Kota Palu Jalani Penilaian STBM 2024 Pertama, Upaya Maksimalkan Sanitasi

Kota Palu Jalani Penilaian STBM 2024 Pertama, Upaya Maksimalkan Sanitasi
Wakil Wali Kota Palu, dr. Reny A. Lamadjido, Sp.PK, M.Kes, secara resmi membuka Penilaian Verifikasi dan Validasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Tahun 2024. (Foto: Imron/Humas Pemkot Palu)

PALU, KABAR SULTENG – Wakil Wali Kota Palu, dr. Reny A. Lamadjido, Sp.PK, M.Kes, secara resmi membuka Penilaian Verifikasi dan Validasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Tahun 2024, di ruang pertemuan Kantor Wali Kota Palu, Kamis (12/09/2024).

Acara ini dihadiri oleh tim penilai STBM dari pusat, termasuk Ketua Tim Direktorat Perumahan dan Kawasan Permukiman Kementerian PPN/Bappenas, Bayu Erlangga, SKM.

Bacaan Lainnya

Selain itu, hadir juga perwakilan dari Direktorat Penyehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan, Widya Utami, SKM., MKM, serta Faisal Parouq, SKM., MSC dari MUI Pusat, bersama tim lainnya.

Baca juga: Polsek Mantikulore Tangkap 11 Pelaku Pencurian Motor, Besi Hingga Tandon Air

Dalam sambutannya, Wakil Wali Kota Reny menyambut hangat tim penilai STBM dan menegaskan pentingnya penilaian ini bagi Kota Palu, yang untuk pertama kalinya menjalani penilaian STBM.

“Penilaian ini sangat penting bagi Kota Palu. Sebagai dokter dan mantan Kadis Kesehatan, saya merasa malu jika kota kita tidak memiliki standar STBM yang baik,” ujar Wakil Wali Kota.

Ia berharap hasil penilaian kali ini dapat membawa Kota Palu meraih STBM Award 2024. “Jika ada kekurangan, kami mohon saran agar bisa segera diperbaiki,” tambahnya.

Penilaian STBM ini merupakan bukti komitmen Pemerintah Kota Palu dalam meningkatkan sanitasi melalui ajang STBM Award 2024.

Sebelumnya, Kota Palu telah meraih predikat Kota Sehat 2023 dari Kementerian Kesehatan dengan penghargaan Swasti Saba Kategori Padapa.

Verifikasi dan validasi STBM bertujuan memastikan seluruh aspek penilaian, terutama implementasi lima pilar STBM, telah terpenuhi dengan baik.

Lima pilar tersebut anatara lain, Stop Buang Air Besar Sembarangan, Cuci Tangan Pakai Sabun, Pengelolaan Sampah Rumah Tangga, Pengelolaan Air Minum/Makanan Rumah Tangga, dan Pengelolaan Limbah Cair Rumah Tangga.***

Simak update berita menarik lainnya, ikuti saluran WhatsApp Official KabarSulteng.id https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFS4HhH5JM6ToN3GU1u atau klik di sini

Pos terkait