Masyarakat Bajo di Desa Penduduk Terpadat Sepakat Menangkan Ahmad Ali di Pilgub Sulteng

Masyarakat Bajo di Desa Penduduk Terpadat Sepakat Menangkan Ahmad Ali di Pilgub Sulteng
Ahmad Ali melakukan kunjungan dan silaturahmi dengan masyarakat Suku Bajo di Desa Jayabakti, Kecamatan Pagimana, Kabupaten Banggai, Pada Kamis, 19 September 2024. (AMC)

BANGGAI, KABAR SULTENG – Calon Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Ahmad Ali mendapat dukungan dari masyarakat Suku Bajo di Desa Jayabakti, Kecamatan Pagimana, Kabupaten Banggai. Desa yang dihuni sekitar 6.000 jiwa ini merupakan salah satu desa dengan penduduk terpadat di dunia.

Ahmad Ali melakukan kunjungan dan silaturahmi dengan masyarakat Suku Bajo di Desa Jayabakti, Kecamatan Pagimana, Kabupaten Banggai, Pada Kamis, 19 September 2024.

Bacaan Lainnya

Ketua Suku Bajo Sulawesi Tengah, Usman Yamin, secara tegas menyatakan dukungannya kepada Ahmad Ali di hadapan warga Desa Jayabakti.

Baca juga: Aksi Nyata, Ahmad Ali dan Abdul Karim Aljufri Hadirkan Pengobatan Gratis di 5 Kabupaten Sulteng

“Ahmad Ali adalah tokoh politik yang telah mencuat di kancah nasional. Kami berharap beliau menjadi gubernur yang akan membawa kesejahteraan bagi kita. Sebagai kepala suku Bajo, saya mengajak seluruh masyarakat untuk bersatu dan memenangkan Ahmad Ali. Kemenangan beliau adalah kemenangan kita semua, terutama masyarakat Suku Bajo yang selama ini tertinggal,” ujar Usman Yamin.

Ia menambahkan bahwa Ahmad Ali adalah sosok pemimpin yang peduli terhadap semua golongan masyarakat, terutama mereka yang membutuhkan.

Warga setempat juga menyampaikan berbagai keluhan, seperti sulitnya akses air bersih, minimnya penerangan jalan, kondisi jalan yang rusak, serta tantangan yang dihadapi nelayan. Menanggapi hal tersebut, Ahmad Ali langsung merespons dengan tindakan nyata.

Ia berjanji akan memasang 25 lampu penerangan jalan bertenaga surya di desa tersebut dan berkomitmen menyelesaikan masalah air bersih jika terpilih sebagai gubernur.

“Pemerintah harus bertanggung jawab untuk menyelesaikan masalah mendasar seperti air, jalan, dan listrik. Di sini, masyarakat mayoritas nelayan masih kekurangan fasilitas penting, termasuk ketiadaan pabrik es,” tegas Ahmad Ali.

Sebagai bentuk apresiasi, Ahmad Ali juga akan memberangkatkan dua warga Desa Jayabakti untuk umrah, termasuk Imam Masjid Fastabiqul Khairaat, Ritno S Zakaria.

Namun, ia menegaskan bahwa pemberangkatan umrah ini murni sebagai bentuk ibadah, bukan terkait dengan politik.

Dengan dukungan kuat dari masyarakat Bajo, Ahmad Ali semakin optimis akan memenangkan Pilgub Sulteng 2024.

Apalagi, ia memiliki ikatan yang kuat dengan komunitas Bajo, mengingat mendiang ibunya dibesarkan di lingkungan Suku Bajo di Kaleroang, Bungku Selatan, Morowali.

Ahmad Ali menutup pertemuan dengan keyakinan penuh. “Sulit untuk tidak menang di sini, apalagi dengan dukungan dari para tetua Suku Bajo dan mantan bupati,” ucapnya.***

Simak update berita menarik lainnya, ikuti saluran WhatsApp Official KabarSulteng.id https://whatsapp.com/channel/0029VaFS4HhH5JM6ToN3GU1u atau klik di sini

Pos terkait