Badko HMI Sulteng Ajak Jaga Kamtibmas Hadapi Pilkada Serentak 2024

Badko HMI Sulteng Ajak Jaga Kamtibmas Hadapi Pilkada Serentak 2024
Renaldi Kuamas, Ketua Badko HMI Sulawesi Tengah. (IST)

PALU, KABAR SULTENG – Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam (Badko HMI) Sulawesi Tengah (Sulteng) mengimbau seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) menjelang Pilkada Serentak 2024.

“Kamtibmas adalah tanggung jawab bersama, bukan hanya aparat keamanan, tetapi seluruh warga negara, termasuk mahasiswa,” ujar Renaldi Kuamas, Ketua Badko HMI Sulteng.

Bacaan Lainnya

Renaldi menegaskan bahwa salah satu cara menjaga situasi tetap kondusif adalah dengan melakukan aktivitas positif dan melibatkan pemuda dalam pergerakan. Terlebih, banyak berita bohong (hoax) dan isu SARA yang menyebar di media sosial menjelang Pilkada.

“Masyarakat harus bijak dan tidak mudah terprovokasi, terutama mendekati Pilkada Serentak 2024. Kondisi ini rawan memecah belah masyarakat. Oleh karena itu, kita harus cermat dalam menerima dan menyebarkan informasi, hanya membagikan yang terbukti benar dan bermanfaat,” jelasnya.

Ia juga mengingatkan pemuda agar tidak menjadi alat politik atau dimanfaatkan oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab yang berpotensi memicu konflik di masyarakat.

Situasi Kamtibmas di Sulawesi Tengah saat ini cukup kondusif, dan Renaldi menekankan pentingnya menjaga stabilitas ini melalui kolaborasi berbagai pihak.

“Kita harus bersama-sama menjaga ketertiban dan keamanan daerah. Badko HMI Sulteng mengimbau seluruh kader HMI di Sulawesi Tengah untuk aktif berpartisipasi dalam mengawasi dan mengawal proses Pilkada agar tercipta suasana damai,” tambahnya.

Renaldi juga berharap pemuda mengambil peran dalam mengawasi pemilu, guna mencegah pelanggaran yang mungkin terjadi.

“Kami berharap pemuda terus aktif dalam mengawasi pemilu kepala daerah untuk mengantisipasi tindakan pelanggaran,” pungkasnya.***

Pos terkait