Ternyata Ahmad Ali Sudah Punya Niatan Maju Pilkada Sejak 2015

Ternyata Ahmad Ali Sudah Punya Niatan Maju Pilkada Sejak 2015
AMC

KABAR SULTENG – Bakal calon Gubernur Sulawesi Tengah, Ahmad Ali, mengungkapkan bahwa dirinya sudah memiliki niat untuk maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) sejak tahun 2015.

Hal ini disampaikan saat pengukuhan tim koalisi pemenangan di Kabupaten Touna pada Jumat (20/9/2024). Ahmad Ali menjelaskan, pada tahun 2015 ia sudah berniat mencalonkan diri di Pilkada, namun sang istri, Nilam Sari Lawira, menyarankan untuk menunda karena ia baru beberapa bulan menjabat sebagai anggota DPR RI setelah terpilih dalam Pemilu Legislatif (Pileg) 2014.

Bacaan Lainnya

“Saat itu, istri saya bilang jangan dulu, karena saya baru terpilih sebagai anggota DPR RI. Dia tidak ingin saya menjadikan posisi itu sebagai batu loncatan untuk meninggalkan masyarakat. Akhirnya niat itu saya batalkan,” ungkap Ahmad Ali.

Baca juga: Surya Paloh Doakan Ahmad Ali Jadi Gubernur Sulteng: Jadi Kebanggaan Kita Semua

Pada Pilkada 2019, Ahmad Ali kembali berencana mencalonkan diri sebagai Gubernur Sulawesi Tengah. Namun, Partai NasDem, tempat ia bernaung, mewajibkannya untuk tetap maju dalam Pileg 2019. Ia akhirnya mengikuti perintah partai dan terpilih kembali sebagai anggota DPR RI, bahkan mendapat posisi sebagai Wakil Ketua DPP NasDem.

“Tahun 2019, saya seharusnya tidak maju lagi sebagai calon legislatif karena ingin fokus maju sebagai calon gubernur pada 2020. Namun, partai meminta saya tetap maju. Setelah terpilih, saya ditarik sebagai Wakil Ketua DPP NasDem,” katanya.

Ia menambahkan bahwa jika memilih untuk membangkang, maka ia akan melanggar amanat partai sekaligus mengecewakan masyarakat yang telah memberinya mandat sebagai anggota DPR RI.

Ahmad Ali juga menyebutkan bahwa pada Pileg 2019, ia meraih 157 ribu suara dari masyarakat Sulawesi Tengah, dengan selisih suara yang sangat jauh dari pesaingnya. “Suara calon di bawah saya tidak sampai 50 ribu. Kalau saya mundur, saya tidak yakin masyarakat yang memilih saya ingin saya digantikan oleh orang lain,” ujarnya.

Kini, Ahmad Ali memutuskan untuk tidak maju lagi dalam Pileg 2024 dan fokus pada pencalonannya sebagai Gubernur Sulawesi Tengah. Ia bahkan mendorong sang istri untuk maju sebagai calon anggota legislatif dari dapil Sulawesi Tengah.

“Kalau saya maju lagi sebagai calon DPR RI, saya terikat dengan moralitas dan amanat masyarakat. Maka, saya putuskan untuk fokus membangun Sulawesi Tengah,” jelas Ahmad Ali.

Ia berkomitmen bahwa jika terpilih sebagai Gubernur Sulawesi Tengah, kesejahteraan masyarakat akan menjadi prioritasnya. “Ketika saya memimpin, tidak ada masyarakat Sulawesi Tengah yang akan kelaparan,” pungkasnya.***

Simak update berita menarik lainnya, ikuti saluran WhatsApp Official KabarSulteng.id https://whatsapp.com/channel/0029VaFS4HhH5JM6ToN3GU1u atau klik di sini

Pos terkait