Survei Pilkada Sulteng 2024
PALU, KABAR SULTENG – Belakangan ini, media ramai mempublikasikan hasil survei elektabilitas calon gubernur dan calon wakil gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) dari berbagai lembaga survei. Menariknya, hasil dari setiap lembaga menunjukkan posisi berbeda untuk setiap calon.
Menariknya, semua hasil survei itu menempatkan Ahmad Ali sebagai calon unggul di Pilkada Sulteng 2024, yang dilakukan oleh lembaga survei resmi terdaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU).
Hasil ini didapat dari Indikator Politik Indonesia, yang menempatkan pasangan Ahmad Ali dan Abdul Karim Aljufri di puncak elektabilitas.
Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei untuk Pilkada Sulteng 2024 yang menunjukkan Ahmad Ali berada di posisi teratas, diikuti oleh pasangan Anwar Hafid-Reny Lamadjido, dan Rusdy Mastura-Sulaiman Agusto di posisi ketiga.
Baca juga: Ahmad Ali Teratas di Survei Pilgub Sulteng, Kalahkan Anwar Hafid dan Rusdy Mastura
Namun, beberapa lembaga lain seperti ARCHY Research dan Pilar Bangsa Research merilis hasil berbeda soal . ARCHY menempatkan Rusdy Mastura di posisi teratas, sementara Pilar Bangsa Research menempatkan Anwar Hafid di urutan pertama. Meski demikian, hanya lembaga survei Indikator yang resmi terdaftar di KPU.
Pengamat Politik Universitas Tadulako, Irwan Waris, menanggapi perbedaan hasil survei ini.
“Hasil bisa berbeda jika metodenya berbeda. Survei yang dilakukan dengan metode yang tepat cenderung akurat, dan ini bisa diuji dalam forum ilmiah,” ujar Irwan kepada wartawan.
Baca juga: Unggul Survei di Pilgub, Ahmad Ali Apresiasi Dukungan Masyarakat Sulteng
Perlu diketahui, berdasarkan data KPU, ada 81 lembaga survei terdaftar yang resmi digunakan dalam Pemilu 2024. Salah satu di antaranya adalah Indikator Politik Indonesia, yang mengeluarkan hasil survei terbaru tentang elektabilitas kandidat Pilgub Sulteng.
Berdasarkan data yang dihimpun, setidaknya ada 81 lembaga survei Pemilu 2024 yang telah terdaftar di KPU, berikut daftarnya;
- PT Kio Sembilan Lima (Lembaga Survei Kedai Kopi)
- PT Poltracking Indonesia
- PT Ipsos Market Research
- PT Kompas Media Nusantara
- Charta Politika/PT Indonesian Consultant Mandiri
- Voxpol Consulting Center Research and
- Pandawa Research
- PT Lingkar Strategi Indonesia
- PT Parameter Konsultindo (PARMET)
- Indikator Politik Indonesia
- Lembaga Survei Nasional
- Lembaga Klimatologi Politik
13 Polstat Indonesia
- Political Weather Station (PWS)
- PT Jaringan Cyrus Nusantara (Cyrus Network)
- PT Publik Riset Cendekia (Politika Research and Consulting/PRC)
- Centre For Strategic International Studies (CSIS)
- Lembaga Survei Jakarta
- Indonesia Polling Stations (IPS)
- Surabaya Survey Center (SSC)
- Lembaga Survei Indonesia (LSI)
- Fixpoll Media Polling Indonesia
- Forum Rektor PTMA
- Yayasan Akselerasi Indodata (INDODATA)
- Surabaya Research Syndicate (SRS)
- Indopol Survei & Consulting
- Polsentrum Data Indonesia
- PT Lingkaran Survei Indonesia
- PT Citra Publik
- Saiful Mujani Research And Consulting
- Rakata Analytics and Advisory
- Strategi Lingkar Nusantara
- Trust Indonesia Research & Consulting
- PUSKAPI (Pusat Kajian Pemilu Indonesia)
- PT Losta Institute
- PT Citra Komunikasi LSI
- PT Lingkaran Survei Kebijakan Publik
- Populi Center
- PT SCL Taktika Konsultan
- PT Citra Publik Indonesia
- Indekstat Research And Data Science
- PT Sigi LSI Network
- PT Konsultan Citra Indonesia
- Jaringan Isu Publik
- Lembaga Riset Indonesia
- Jaringan Suara Indonesia
- Media Survei Nasional
- PT Alvara Strategi Indonesia
- Lingkar Survei Sulawesi (LSS)
- Ide Cipta Research and Consulting (ICRC)
- The Haluoleo Institute
- Media Survei Center Indonesia
- PT PARAMETER PUBLIK INDONESIA
- PT Paradigma Riset Nusantara
- Lembaga Survei Kuadran
- Nakama Research & Consulting
- PT Indopolling Riset dan Konsultan
- PT SINERGI DATA INDONESIA
- PT LSI NETWORK
- Parameter Politik Indonesia
- PT Indo Riset Survei
- Algoritma Research & Consulting
- Cigmark Riset and Consulting
- PT Indonesia Persada Studi
- Yayasan Polsight Indonesia
- Indomatrik
- Puskaptis (Lembaga Pusat Kajian Kebijakan dan Pembangunan Strategi)
- Pusat Riset Indonesia
- PT.Indonesia Political Marketing (Polmark Indonesia).
- PT Konsepindo Riset Strategi
- PT Dimensi Multiriset Indonesia (Dimensi Research and Consulting)
- Script Survei Indonesia (SSI)
- PT Satukanal Riset dan Pengembangan
- PT Pusat Polling Indonesia
- The Strategi Research and Consulting (TSRC).
- Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI).
- Celebes Research Center
- Lembaga Survei Independen Nusantara
- PT Motion Cipta Matrix
- Arus Survei Indonesia
- Lembaga Indo Strategic Institute (INSTRAT).
Ahmad Ali menjadi satu-satunya kandidat yang menggunakan lembaga survei terdaftar di KPU untuk mempublikasikan hasil elektabilitasnya, memberikan bobot lebih pada hasil survei tersebut.***
Simak update berita menarik lainnya, ikuti saluran WhatsApp Official KabarSulteng.id https://whatsapp.com/channel/0029VaFS4HhH5JM6ToN3GU1u atau klik di sini