Kesiapan Ternak Donggala Untuk Menunjang IKN

Dinakeswan Donggala saat menggelar Sekolah lapang Manajemen Pakan ternak dan kesehatan hewan di KEcamatan Dampelas. (Ist)
Dinakeswan Donggala saat menggelar Sekolah lapang Manajemen Pakan ternak dan kesehatan hewan di KEcamatan Dampelas. (Ist)

KABARSULTENG, DONGGALA, – Hewan ternak Kabupaten Donggala terpilih menjadi salah satu daerah penyangga IKN dalam Ketahanan Pangan Nasional (KPN).

Untuk mewujudkan KPN dalam pembangunan IKN, Kabupaten Donggala melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dinakeswan) Donggala terus meningkatkan produksi hewan ternak di wilayahnya.

Bacaan Lainnya

Salah satu upaya dalam menunjang kualitas dan kuatintas produksi, pihak Dinaskeswan menggelar Sekolah Lapang (SL) manajemen pakan ternak dan kesehatan hewan yang digelar di Desa Talaga, Kecamatan Dampelas.

Baca Juga: Bapenda Donggala Sebut Pajak Galian C Jadi Primadona

Kepala Dinakeswan Donggala, Mohamad Ali Djihad, berharap seluruh kecamatan di Donggala bisa menjadi komoditas unggulan dari sektor peternakan. “Dari sekarang kita harus siapkan kualitas terbaik ternak kita. Apalagi kedepannya kita ditunjuk sebagai penyangga IKN dalam membantu pangan Nasional,” katanya dihadapan seluruh peserta SL Kecamatan Dampelas, Selasa 8 Oktober 2024.

Katanya, Sekolah Lapang merupakan salah satu wujud untuk mendorong dan belajar memperkaya di bidang sektor peternakan. Khususnya peternak yang mengelola langsung ternaknya.

“Saya harapkan seluruh peserta untuk fokus dan sungguh-sungguh dalam mengikuti materi ini. Karena nantinya kalian (peserta) akan terjun langsung dan siap ditanya-tanya oleh masyarkat soal merawat hewan ternak,” katanya.

 

Dalam kegiatan tersebut, Linda Herawati Gonta membawakan materi tentang pakan ternak, Karsono membawakan materi tentang kesehatan hewan. Diperkuat oleh Fatoni selaku Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinakeswan Donggala yang menyampaikan materi tentang manajemenen peternakan.

Para peserta sangat antusias dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yang dihelat dua hari 8-9 Oktober 2024. Selain materi, para peserta juga akan diberikan praktik langsung dalam menangani hewan serta pemberian pakan yang baik.***

Simak update berita menarik lainnya, ikuti saluran WhatsApp Official KabarSulteng.id https://whatsapp.com/channel/0029VaFS4HhH5JM6ToN3GU1u atau klik di sini

Pos terkait