Warga RT7/RW2 Talise Terima Bantuan Fasilitas Air Bersih, Dimanfaatkan untuk Rumah dan Kebun

Warga RT7/RW2 Talise Terima Bantuan Fasilitas Air Bersih, Dimanfaatkan untuk Rumah dan Kebun

PALU, KABAR SULTENG – Warga di lingkungan RT7/RW2 Kelurahan Talise, Kecamatan Palu Timur, Kota Palu terima bantuan fasilitas air bersih, Sabtu (12/10/2024) siang.

Bantuan fasilitas air bersih berasal dari Palu Citra Minerals (CPM) ini berupa jaringan penyaluran air bersih menuju rumah dan kebun TOGA milik dasawisma.

Bacaan Lainnya

Bantuan ini mendapat sambutan positif dari warga, sebab sumber air bersih di lingkungan itu ternyata rusak sejak lama.

Bahkan pascabencana 2018 silam, warga di lingkungan itu harus membeli air bersih sebesar Rp 150 ribu per kepala keluarga seyiap pekannya.

Baca Juga: Pekerjaan PT SMS Rp 150 Miliar Terlambat, BWSS III Beri Adendum dan Tambah Lagi Anggaran Proyek Pengendali Banjir di Palu

Superintendent Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM-CSR) PT CPM, Rahyunita Handayani mengatakan, bantuan fasilitas air bersih itu merupakan program pemberdayaan dan pengembangan masyarakat di lingkar tambang.

“Ini berawal dari masyarakat RT 07 yang menyampaikan ke kami bahwa mereka sumber air bersihnya sudah ada, tinggal melakukan penyaluran ke rumah,” ujarnya.

Lanjutnya, setelah dilakukan asesmen dan perhitungan, dilakukan pipanisasi di lingkungan itu.

“Nah pipanisasi ini dari sumber air atau dari bak airnya sampai ke rumah-rumah,” tambahnya.

Di kawasan itu diketahui memiliki 70 kepala keluarga, meski belum semua teraliri, namun ke depan terus diusahakan.

Selain rumah warga, air bersih juga dialirkan ke fasilitas publik seperti masjid dan kebun TOGA dasawisma.

CPM kata dia, memfasilitasi pembentukkan kelompok pengelola fasilitas air bersih tersebut.

“Kelompok pengelolanya inilah yang kami edukasi, kami melakukan pembinaan untuk bagaimana mereka mengelola air ini,” ujarnya.

“Pipanisasinya ini kegiatannya dari kurang lebih dua bulan yang lalu, semuanya dilakukan secara kerjasama antar warga,” jelasnya.**

 

Simak update berita menarik lainnya, ikuti saluran WhatsApp Official KabarSulteng.id https://whatsapp.com/channel/0029VaFS4HhH5JM6ToN3GU1u atau klik di sini

Pos terkait