Syarifuddin Hafid Resmi Jabat Wakil Ketua II DPRD Sulteng Periode 2024-2029

Syarifuddin Hafid Resmi Jabat Wakil Ketua II DPRD Sulteng Periode 2024-2029
IST

PALU, KABAR SULTENG – Syarifuddin Hafid, SH, MM, secara resmi dilantik sebagai Wakil Ketua II DPRD Sulawesi Tengah (Sulteng) periode periode 2024-2029, pada Jumat (25/10/2024).

Pelantikan ini dipimpin oleh Ketua Pengadilan Tinggi Sulteng, Dr. Hj. Nirwana, SH, M.Hum, di Gedung Wanita, Jalan Prof. Moh. yamin.

Bacaan Lainnya

Adapun Ketua DPRD Sulteng adalah Arus Abdul Karim (Ketua) dari Partai Golkar, Aristan (Wakil Ketua I) dari Partai Nasdem, Syarifuddin Hafid (Wakil Ketua II) dari Partai Demokrat dan Ambo Dalle (Wakil Ketua III) dari Partai Gerindra.

Syarifuddin Hafid dipercaya menduduki jabatan strategis ini setelah meraih suara terbanyak di internal Partai Demokrat, dengan dukungan lebih dari 24 ribu suara dari daerah pemilihan Morowali dan Morowali Utara dalam Pemilu Legislatif Februari 2024 lalu.

Sebelumnya, Syarifuddin Hafid yang akrab disapa Fudin, pernah menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Morowali periode 2019-2024.

Berhasil membawa dua kursi untuk Demokrat di DPRD Sulteng, Fudin dinilai layak oleh DPP Partai Demokrat untuk menduduki jabatan Wakil Ketua II.

Dukungan internal terhadap penunjukan ini juga terlihat solid, dengan respon positif dari kolega-koleganya, seperti Hidayat Pakamundi, SE, Sekretaris DPD Demokrat Sulteng.

Menurut Hidayat, yang juga sempat menjadi kandidat untuk posisi ini, keputusan penunjukan Syarifuddin Hafid adalah kewenangan DPP Demokrat, dan para kader menyetujui serta mematuhi keputusan tersebut.

Hidayat menegaskan, DPP Demokrat mengelola mekanisme penunjukan pimpinan secara fleksibel dan tidak didasarkan pada elemen nepotisme, melainkan murni berdasarkan kebutuhan organisasi.

“Kampur tangan daerah tidak ada. Semua sudah diatur oleh DPP di Jakarta,” tegas Hidayat.

Lebih lanjut, Hidayat menjelaskan bahwa DPP Partai Demokrat telah menyiapkan aturan tertulis bagi pimpinan DPRD Sulteng.

Setelah dua tahun, posisi ini akan mempertimbangkan kembali, memberikan kesempatan kepada kader lain untuk berkontribusi pada posisi strategis ini.

Dalam keterangan penutupnya, Hidayat menyampaikan bahwa Demokrat di Sulawesi Tengah telah berkomitmen untuk menjaga suasana internal partai tetap solid, terutama di tahun politik ini.

“Kader Demokrat Sulteng sudah dewasa dan kompak. Kita fokus untuk menghadapi berbagai tantangan ke depan dengan baik,” ujar Hidayat.

Dengan resmi dilantiknya Syarifuddin Hafid sebagai Wakil Ketua II DPRD Sulteng, diharapkan kepemimpinan Demokrat akan semakin memberikan kontribusi signifikan bagi perkembangan Sulawesi Tengah.***

Pos terkait