Aksi Cepat Tanggap Darurat, Pemprov Sulteng Buka Dapur Umum di Sulbar

PALU – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) melalui Dinas Sosial Provinsi Sulteng dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulteng merespon cepat bencana alam yang terjadi di Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar).

Tepatnya tanggal 15 Januari 2021 Gempa bumi berkekuatan 6,2 SR mengguncang Kabupaten Mamuju dan Kecamatan Malunda Kabupaten Majene.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulteng Drs. Ridwan Mumu menyampaikan bahwa Bapak Gubernur telah memerintahkan untuk segera memberikan dukungan kemanusiaan di Sulbar.

Menurutnya, Dinsos Sulteng akan memenuhi kebutuhan dasar berupa pelayanan dapur umum untuk membackup dapur umum Dinsos Sulbar sesuai SK Tanggap Darurat Sulawesi Barat selama 7 hari ke depan.

Dapur umum Dinsos Sulteng bertempat di Kompleks Kantor Gubernur Sulbar tepatnya depan Kantor Kanwil BPN Provinsi Sulbar.

“Dalam sehari kita targetkan 1.200 penyintas untuk 2 kali makan siang dan malam,” ungkapnya, Minggu 17/1/2021)

Selain itu, Dinsos Sulteng juga membawa personil TAGANA sebanyak 50 orang, TKSK sebanyak 15 orang dan pegawai Dinas Sosial yang berasal dari dinsos Provinsi, Dinsos Kota Palu dan Dinsos Kabupaten Parigi Moutong.

Ia pun menuturkan personil ini nantinya membantu evakuasi korban bencana, reruntuhan bangunan dan barang-barang warga.

“Kita berharap apa yang diberikan kepada Sulbar bisa mengobati kesedihan seperti mereka membantu kita saat bencana 28 September 2018,” pungkas Mantan Karo Humas Protokol Sulteng Drs. Ridwan Mumu.

Sementara itu, Koordinator BPBD Provinsi Sulteng Andy Sembiring menyebutkan, pihaknya beserta relawan juga menyediakan pelayanan dapur umum bertempat di depan Bappeda Provinsi Sulbar.

Nampak pula memberikan dukungan meliputi PMI Provinsi Sulteng, Komunitas Otomotif Sulteng, Ormas Provinsi Sulteng juga masyarakat yang secara mandiri datang langsung ke Sulbar.(*)

Sumber : Ro Humas dan Protokol Provinsi Sulawesi Tengah

Pos terkait