Jelang Pilkada Kota Palu 2024, 27 Pers Walpri Polresta Palu Ikut Praktek Pengawalan dan Pengamanan

Jelang Pilkada Kota Palu 2024, 27 Pers Walpri Polresta Palu Ikut Praktek Pengawalan dan Pengamanan
Kapolresta Palu, Kombes Pol. Barliansyah saat memberikan arahan kepada 27 personel Polresta Palu yang terpilih dalam seleksi Walpri (Pengawalan Pribadi) bagi Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu pada Pilkada 2024-2029. (Humas Polresta Palu)

PALU, KABAR SULTENG, – Sebanyak 27 personel Polresta Palu yang terpilih dalam seleksi Walpri (Pengawalan Pribadi) bagi Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu pada Pilkada Kota Palu 2024 – 2029, serta Ketua KPU dan Ketua Bawaslu Kota Palu, menjalani praktek pengawalan dan pengamanan

Kegiatan yang berlangsung di Mako Polresta Palu, pada Selasa, (13/8/2024), dilakukan sebagai persiapan menjelang Pilkada Kota Palu 2024, guna memastikan proses demokrasi berjalan aman dan tertib.

Bacaan Lainnya

Baca juga: Polresta, KPU dan Bawaslu Palu Silaturahmi ke Partai Pemenangan, Upaya Ciptakan Pilkada Damai 2024

Kapolresta Palu, Kombes Pol. Barliansyah, dalam arahannya menekankan pentingnya netralitas Polri dalam kehidupan politik.

“Sesuai dengan Undang-Undang Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2002, khususnya Pasal 28 ayat (1), Polri harus bersikap netral dalam kehidupan politik dan tidak terlibat dalam kegiatan politik praktis,” ujar Kapolresta Palu.

Kapolresta Palu juga menegaskan bahwa tugas Walpri hanya sebatas pengamanan dan pengawalan.

Ia mengingatkan bahwa perintah dari Kapolda Sulteng sangat jelas, yaitu personel yang bertugas sebagai Walpri tidak boleh berbicara atau terlibat dalam urusan politik.

“Sekali lagi saya tekankan, Walpri hanya sebagai pengamanan dan pengawalan, tidak ada yang namanya politisasi. Polisi harus menjaga stabilitas keamanan, menegakkan demokrasi, dan tetap netral. Saya tidak ingin ada hal yang mencederai institusi kita,” tegasnya.

Kegiatan praktek pengawalan ini merupakan bagian dari upaya Polresta Palu untuk memastikan bahwa seluruh personel yang terlibat dalam pengamanan Pilkada Kota Palu 2024 dapat menjalankan tugas mereka dengan profesional dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Dengan demikian, Polresta Palu berkomitmen untuk mendukung terselenggaranya Pilkada yang aman, damai, dan demokratis di Kota Palu.***

Simak update berita menarik lainnya, ikuti saluran WhatsApp Official KabarSulteng.id https://whatsapp.com/channel/0029VaFS4HhH5JM6ToN3GU1u atau klik di sini

Pos terkait